Ilustrasi punggung terasa panas. Foto: Dok/SehaQ

Jika sengatan panasnya tergolong parah, kamu bisa mengalami dehidrasi, demam, dan kulit melepuh yang harus segera mendapatkan perawatan medis.

2. Infeksi kulit
Infeksi kulit dapat menyebabkan kulit yang terjangkit, termasuk bagian punggung, terasa panas saat disentuh. Ketika tubuh melawan infeksi, terjadi peradangan sehingga sensasi panas timbul sebagai tandanya.

Selain merasa panas, penderita infeksi kulit juga dapat mengalami pembengkakan, kemerahan, dan nyeri di sekitar area yang terdampak. Pada kasus yang serius, hal ini dapat menyebabkan demam. Selulitis adalah infeksi pada lapisan kulit yang lebih dalam dan kerap menyebabkan kulit terasa hangat atau panas.

Kondisi yang berbahaya ini terjadi ketika bakteri memasuki luka, misalnya luka bercukur atau digigit serangga. Selain itu, herpes zoster juga dapat menyebabkan panas pada kulit yang disertai dengan nyeri, gatal, dan adanya bintil bergerombol.

3. Nyeri saraf
Salah satu penyebab punggung terasa panas adalah nyeri saraf. Tidak hanya menyebabkan panas, kondisi ini bisa menimbulkan sensasi terbakar, kesemutan, linu, mati rasa, atau hentakan seperti tersengat listrik.

Sensasi panas yang muncul dapat diakibatkan adanya bagian saraf yang terluka atau tertekan. Kondisi ini membuat saraf tidak dapat mengirimkan sinyal dengan normal sehingga tubuh menunjukkan reaksi tak biasa, seperti sensasi panas.

Radikulopati adalah jenis nyeri saraf yang kerap muncul dan menjadi penyebab pinggang belakang terasa panas seperti terbakar. Masalah ini terjadi karena tekanan atau peradangan pada saraf tulang belakang.

Pada penderita diabetes, kerusakan saraf yang dapat menyebabkan sensasi panas pada punggung adalah neuropati diabetik. Selain terasa panas, penderitanya juga bisa mengalami sakit punggung yang bisa memburuk seiring waktu. Tidak jarang, masalah ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

4. Heartburn (nyeri ulu hati)
Punggung terasa panas dan kepala pusing dapat terjadi akibat heartburn. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Heartburn biasanya terjadi karena makan terlalu banyak atau mengkonsumsi makanan yang sangat asam.

Sebagian besar orang yang mengalami asam lambung naik biasanya merasakan sakit di tengah dada. Pada kasus yang parah, rasa sakit ini bahkan bisa menjalar ke punggung. Penderitanya juga dapat merasakan panas di bagian tengah punggung atas.

5. Multiple sclerosis
Multiple sclerosis adalah penyakit neurologis yang terjadi karena kerusakan myelin, yakni lapisan pelindung serabut saraf di otak dan sumsum tulang belakang. Kerusakan ini mengubah cara sinyal ditafsirkan sehingga menyebabkan sejumlah gejala, seperti kelemahan dan kekakuan otot, kesemutan, mati rasa, nyeri, dan sensasi panas.