blank
Erick Thohir mengunjungi seleksi program Garuda Select dan Timnas U17, di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Atas usulan Dennis Wise, Erick berencana akan membentuk Timnas U14. Foto: pssi

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Ada kejutan istimewa, saat PSSI mengadakan seleksi Garuda Select dan Timnas U17, di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (6/7/2023). Hadirnya Ketua Umum PSSI, Erick Thohir itulah yang mengejutkan peserta seleksi.

Ikut mendampingi Erick Thohir yang juga Menteri BUMN itu, anggota Komite Eksekutif Endri Erawan, Arya Sinulingga, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih tim U17 Bima Sakti.

”Tadi saya sudah sepakat dengan Dennis Wise selaku Direktur Teknik Garuda Select, untuk sinkronisasi program, antara Garuda Select dengan persiapan tim U17 Indonesia. Dennis juga menyarankan, untuk ada tim U14 bisa dipersiapkan lebih awal, kalau kita mau punya timnas yang makin bagus,” kata Erick dalam keterangannya.

BACA JUGA: Legenda Chelsea, Dennis Wise Dampingi Seleksi Timnas U17

blank
Erick Thohir (kedua dari kiri), Dennis Wise (ketiga dari kiri), Indra Sjafri (ketiga dari kanan) dan Bima Sakti (kanan), saat bertemu di seleksi Garuda Select dan Timnas U17. Foto: pssi

Menurut dia, inilah saatnya Indonesia harus terbuka dalam transformasi sepak bola. Usulan Dennis Wise tentang Timnas U14, akan segera didiskusikan di PSSI. Keputusan itu nantinya yang bisa jadi berkesinambungan, antara U14, U17, U20 dan seterusnya.

”PSSI mendukung penuh Garuda Select, dan saat ini sinkronisasi dengan persiapan tim U17 Indonesia. Apalagi mulai 10 Juli, pemusatan latihan tim U17 dimulai, dan nanti juga ada persiapan di Eropa, sebelum tampil di Piala Dunia U17,” tambahnya.

Seperti diketahui, seleksi Garuda Select dipimpin langsung Dennis Wise. Seleksi diikuti oleh 132 pemain dari berbagai daerah, yang berlangsung Rabu-Jumat (5-7/7/2023).

BACA JUGA: Kurnia Meiga Jalani Bisnis Waralaba Ayam Goreng Crispy

Program seleksi ini juga sebagai ajang pelatih Bima Sakti, untuk melihat pemain-pemain yang bisa diambil guna seleksi tim U17, yang diproyeksikan akan tampil di Piala Dunia U17 di Indonesia, pada November nanti.

Sementara itu, Bima Sakti memberikan apresiasi dengan adanya seleksi Garuda Select ini. Di kesempatan itu, dia juga berupaya mencari pemain-pemain yang siap untuk mengikuti Piala Dunia U17.

”Kami mencari pemain-pemain yang sesuai dengan kebutuhan. Karena kita juga sudah memiliki kerangka tim, yakni pemenang U16 AFF 2022 lalu. Sekarang kita mencari pemain-pemain yang akan kita beri kesempatan. Ini juga sebagai penyempurnaan tim yang sudah ada,” imbuh dia.

Riyan