blank
Ilustrasi memanggang daging di rumah. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pengolahan daging merupakan berbagai metode maupun teknik yang digunakan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan makanan atau dalam bentuk lain yang dapat dikonsumsi.

Mengolah daging kurban bersama keluarga emang menyenangkan ya, berapapun yang didapat, asal dinikmati bersama-sama rasanya akan tetap enak.

Tapi, di samping enaknya makan daging kurban ada satu masalah yang sering terjadi sesudahnya. Bau bekas daging mentah yang akan diolah tadi malah tertinggal dan bikin rumah jadi bau apek.

Baca Juga: Jangan Makan Secara Berlebihan! Ini 4 Hal Penyebab Sakit Perut Setelah Makan Daging

Kalau kamu mengalami masalah serupa, tenang, dilansir dari Suara.com berikut ini ada beberapa cara mengatasi bau apek di rumah karena daging kurban.

1. Buka Jendela dan Pintu

Pastikan sirkulasi udara di rumah baik, buka lebar semua jendela dan pintu baik yang ada di luar atau dalam kamar. Kalau ada, kamu bisa sambil menyalakan kipas angin supaya bau-bau apek itu pergi.

2. Bersihkan Alat Makan dengan Sabun

Setelah makan langsung cuci alatnya pakai sabun, jangan membiarkan cucian piring menumpung di wastafel, apalagi dengan sisa-sisa makanan di atasnya, itu malah membuat bau apeknya jadi bertahan terus menerus di rumah.

Baca Juga: Ini 3 Olahan Daging Kambing yang Lebih Sehat, Kamu Harus Coba!

3. Campuran Air Lemon

Gunakan air yang dicampur dengan lemon atau jeruk nipis untuk membersihkan perabotan seperti meja, kursi, dan lantai. Kamu bisa menggunakan air perasannya saja atau seluruh bagian jeruk dengan cara diparut atau diblender.

4. Sisihkan Bekas Masak-masak

Setelah mengolah daging, buang jauh-jauh semua kotoran yang ada, mulai dari tulang, bagian daging yang tidak dimakan, arang, dan lain-lainnya yang tak terpakai. Kalau perlu langsung dipendam atau dibakar, karena jika dibiarkan begitu saja semakin hari baunya akan semakin menyengat.

5. Cuci Semua Kain yang Digunakan untuk Lap

Jangan lupa untuk mencuci semua kain yang digunakan untuk lap, meskipun tidak begitu kotor, tapi bau daging tetap akan tertinggal pada kain sehingga perlu dicuci.

Oh ya, kalau ternyata perabotan berbahan tekstil di rumahmu seperti gorden dan sprei juga ikut bau, sebaiknya juga ikut dicuci.

Baca Juga: Tips Memanggang Daging Tanpa Takut Gosong

6. Gunakan Pewangi Ruangan

Kalau semua sudah dipastikan bersih, gunakan pewangi ruangan. Entah itu pewangi beli atau dari bahan alami juga tidak masalah, lebih baik gunakan aroma citrus yang segar karena bau ini bisa mengusir bau-bau apek.

Itulah 6 cara menghilangkan bau apek pada rumah setelah masak daging kurban, selamat mencoba!

Claudia