blank
Erick Thohir memimpin rapat pertama pembahasan pelaksanaan Piala Dunia U17. Foto: pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 24 negara secara resmi sudah dipastikan akan mengikuti Piala Dunia U17, yang akan digelar 10 November hingga 2 Desember 2023, di Indonesia.

Seperti diketahui, FIFA baru saja menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah ajang bagi calon-calon pemain sepak bola dunia ini. Sebagai tuan rumah, Indonesia otomatis lolos dan menjadi satu-satunya wakil dari kawasan Asia Tenggara.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan, keputusan FIFA menjadi bukti kepercayaan FIFA dan dunia sepak bola internasional, terhadap pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden RI, Joko Widodo.

BACA JUGA: Sidang Asusila Oknum Polwan di Tegal, JPU Hadirkan Saksi

”Keputusan FIFA tidak hanya wajib kita rayakan, tapi harus juga kita perjuangkan. Perjuangkan dalam arti, ini merupakan kesempatan untuk Indonesia, rumah dan panggung kita untuk Garuda Muda bisa mendunia,” ujar Erick, saat konferensi pers FIFA U17 World Cup, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Di Event Piala Dunia U17 ini, banyak sekali lahir pemain-pemain top. Mereka di antaranya Alessandro Del Piero, Fransesco Totti (Italia), Xavi Hernandez (Spanyol). Kemudian Fernando Redondo, Juan Sebastian Veron (Argentina), Luis Figo (Portugal), serta Ronaldinho (Brazil).

Sejumlah bintang jebolan Piala Dunia U17 yang masih aktif bermain, juga pernah mentas di kompetisi ini. Ada Phil Foden (Inggris), Pedri (Spanyol), Jordi Amat (Spanyol) yang kini membela Timnas Indonesia di level senior.

BACA JUGA: Gelar Karya P5 SDN 3 Tubanan, Tumbuhkan Keterampilan Berwirausaha

Peserta yang ikut dalam Piala Dunia U17, datang dari enam konfederasi. Dimulai dari Indonesia sebagai tuan rumah. Selain Indonesia, wakil Asia (AFC) adalah Iran, Korea Selatan, Jepang, serta Uzbekistan.

Wakil Eropa (UEFA) Spanyol, Inggris, Prancis, Jerman, dan Polandia. Dari zona Amerika Selatan (Conmebol) ada Brazil, Argentina, Kolombia, dan Ekuador.

Kemudian peserta asal kawasan Amerika Utara dan Tengah (Concacaf) adalah Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, dan Panama. Lalu wakil Afrika (CAF), Mali, Burkina Faso, Maroko, dan Senegal. Terakhir dari zona Oceania mengirimkan Selandia Baru dan Kaledonia Baru.

Riyan