blank
Acara dimeriahkan oleh group rebana SDN 3 Tubanan, pentas seni siswa ( tari, gerak lagu, menyanyi tunggal, pantomim) dan pencak silat

JEPARA (SUARABARU.ID) – Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian dari kurikulum merdeka. Kepala Sekolah, guru, siswa, komite, wali murid dan masyarakat dan juga pemerintahan desa bersinergi, berkolaborasi mendukung dan memajukan sekolah. Itu pula yang sudah dilakukan oleh SDN 3 Tubanan, Kecamatan Kembang.

Sekolah ini juga merupakan sekolah ramah anak yang letaknya strategis. Berada di jalan utama, di tengah-tengah padukuhan Duren serta di antara balai desa dan alun-alun desa Tubanan. Tak heran jika SD Negeri 3 Tubanan bekerja sama dengan desa. Sekolah juga dapat memanfaatkan aset yang ada di sekitar sekolah.

blank

Bahkan dalam Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pelepasan Kelas 6 SD Negeri 3 Tubanan berlangsung pada hari Selasa, 27 Juni 2023 di alun-alun desa Tubanan. Acara ini dihadiri oleh Nasuka, S.Pd (Koordinator Satkordik Kecamatan Kembang), Sunarto (komite sekolah), para guru, wali murid dan segenap tamu undangan.

Acara dimeriahkan oleh group rebana SDN 3 Tubanan, pentas seni siswa ( tari, gerak lagu, menyanyi tunggal, pantomim) dan pencak silat. Semua yang hadir antusias menyaksikan pentas seni & gelar karya. Terdapat delapan stan dari kelas 1- 6 ( kelas 5 & 6 pararel) yang memamerkan dan menjual karya siswa, berupa Batik Tulis Estitu, karya dari barang bekas, hiasan dinding, bunga dan juga makanan. Beberapa karya siswa terjual dalam acara tersebut.

blank
Siswa-siswi kelas 6 yang dilepas

Sunarto selaku komite mengapresiasi kegiatan gelar karya yang diadakan SD Negeri 3 Tubanan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah dan dewan guru juga wali murid yang telah bekerja sama sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik. “Semoga ke depan gelar karya diadakan lagi, sehingga ada penghargaan terhadap karya siswa”, ujar Sunarto.

Tahun pelajaran 2022/2023 SD Negeri 3 Tubanan meluluskan 42 siswa dari kelas pararel, 6A diampu oleh Rofika Dewi, S.Pd.SD dan 6B diampu oleh Wiwik Wihayati, S.Pd.SD, dan guru pendidikan agama Islam Titik Sri Indarwati, S.Pd.I.

Siswa-siswi lulusan kelas 6 semuanya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka siap mengisi kemerdekaan dengan belajar di bangku sekolah. Siswa-siswi terbaik 3 pararel, mendapatkan penghargaan dari sekolah berupa piala kelulusan yang diserahkan oleh Supriyanto, S.Pd.

blank

Pada kesempatan tersebut Rofika Dewi, S.Pd. SD berpesan kepada siswa kelas 6 untuk belajar lebih giat di sekolah lanjutan. Raihlah cita-cita kalian, dan jaga nama baik almamater. ” Untuk anak-anak kelas 1 sampai kelas 5, ikutilah jejak kakak- kakak kalian, belajarlah lebih giat,” ujar Rofika Dewi

Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kewirausahaan bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan kepada siswa, dan menumbuhkan keterampilan berwirausaha. “Gelar karya tidak hanya orientasi pada produk, namun proses menjadi sebuah produk sangatlah penting dilalui oleh siswa, agar mereka memiliki keterampilan untuk bekal masa depannya”, kata Supriyanto, S.Pd. kepala SDN 3 Tubanan dalam sambutannya.

blank

Siswa SD Negeri 3 Tubanan memiliki semangat kompetisi tinggi, setiap ada kegiatan lomba, dewan guru membimbing siswa untuk mengikuti lomba, baik yang diadakan di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten. Beberapa cabang lomba yang sering diikuti yaitu, lomba FLS2N, Literasi, Mapsi.

Dan yang terbaru di bulan Juni 2023 ini, siswa putra mengikuti lomba Pramuka Penggalang. Dengan bina damping Deny Tri Kiswoyo, S.Pd. SD regu Garuda dari SD Negeri 3 Tubanan berhasil meraih juara 3 lomba Rangking 1. Nasuka, S.Pd menyerahkan piagam penghargaan untuk peserta lomba Pramuka Penggalang dan piagam untuk lomba Rangking 1.

Koordinator Satkordik Kecamatan Kembang Nasuka, S.Pd pada kesempatan yang sama berharap guru harus meningkatkan kompetensinya demi siswa dan kemajuan sekolah.

blank

Nasuka, S.Pd juga sangat mendukung adanya kegiatan gelar karya ini dan mengunjungi stan untuk melihat- lihat karya siswa. Demikian juga wali murid pun mendukung penuh kegiatan Gelar Karya P5 dan Pelepasan Kelas 6 ini. ” Semoga di tahun mendatang acara Gelar Karya bisa lebih menarik lagi, ujar Fika Amalia salah satu wali murid kelas 6.

Kegiatan gelar karya P5 dan pelepasan kelas 6 ditutup dengan doa penutup. Kemudian dilanjutkan membersihkan alun-alun, guru dan siswa.

Dari kegiatan Gelar Karya P5, Pelepasan Siswa Kelas 6 yang diisi dengan pentas seni dan bersih tempat ( membersihkan alun-alun) diharapkan siswa dapat berkembang sesuai bakat minatnya, terbentuk karakter siswa, dan terwujudnya keterampilan berwirausaha, pelajar Pancasila.

Hadepe – Rofiatun, guru SDN 3 Tubanan