blank
Jamaah Salat Idul Adha 1444H/2023 M di halaman Makodim 0728 Wonogiri, meluber ke ruas jalan protokol Kota Wonogiri dan halaman Kantor Bank BNI.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Ibadah kurban hakikatnya untuk menegakkan tauhid, meneguhkan ketaqwaan dan menjadi manifestasi guna menumbuhkan jiwa sosial. Juga untuk mengingatkan umat, agar jangan mencintai dunia secara berlebihan.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhamadiyah Kabupaten Wonogiri Drs H Sudirman MQ, Rabu (28/6), saat tampil menjadi Khotib pada Salat Idul Adha 1444 H/2023 M di depan Makodim 0728 Wonogiri. Tampil menjadi Imam Ustadz Muhammad Yusfarizal Ma’rufi.

Di hadapan ribuan jamaah, Sudirman, mengingatkan, mencintai dunia hendaknya hanya semata-mata untuk akhirat. Manifestasi dari ibadah kurban, substansinya adalah untuk menegakkan tauhid, guna meneguhkan ketaqwaan umat, serta menumbuhkan jiwa sosial kemasyarakatan.

Sudirman yang masa mudanya menjadi kader KNPI Wonogiri peraih juara lomba pidato tingkat nasional ini, berkata: ”Yang sampai ke Tuhan Allah SWT adalah nilai ketaqwaannya, sedang daging kurban dibagikan kepada masyarakat sebagai wujud tumbuhnya jiwa sosial,” tegas Sudirman.

Nilai Tinggi

Jiwa sosial kemasyarakatan perlu ditumbuhkan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial umat dalam upaya membantu warga miskin dan penduduk yang tidak mampu. Sebagaimana salat, ibadah kurban bagi yang mampu, memiliki nilai yang tinggi.

Berkurban, sebagaimana dulu dilakukan Nabi Ibrahim AS. sungguh memiliki nilai yang tinggi. Mengajarkan kepada umat tentang nilai tauhid bagi umat dan menjadi landasan sehari-hari dalam upaya meneguhkan keimanan dan meningkatkan keimanan.

Sebagaimana diberitakan, PD Muhammadiyah Wonogiri, Rabu (28/6), menggelar Salat Idul Adha 1444 H/2023 di 102 lokasi di Kabupaten Wonogiri. Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri, Drs H Kusman Thoha MPd, tampil menjadi Khotib pada Salat Idul Adha di Lapangan Bantarangin, Wonoboyo, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, bersama Imam Salat Ustadz Abdi Sambodo.

Kemudian Sekretaris PD Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri, Muhammad Julijanto SAg, MAg tampil menjadi Imam dan Khotib pada Salat Idul Adha 1444 H/2023 M di Masjid Nurul Hidayah, di Kedungringin, Giripurwo, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.
Bambang Pur