blank
Ilustrasi tangan pegal saat bekerja secara berlebihan. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Seseorang mungkin saja bisa mengalami tangan terasa sakit dan pegal setelah bekerja. Nyeri pergelangan tangan dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit yang mendasari. Contohnya seperti keseleo atau otot tegang, olahraga secara berlebihan (tenis, ski, golf), kurang digerakkan, atau trauma.

Nyeri pada tangan bisa berasal dari otot, tulang, sendi, ligamen, dan persarafan. Beberapa kemungkinan penyebab nyeri pada tangan diantaranya yaitu, Riwayat cedera / trauma pada tangan. Arthritis / radang sendi, termasuk osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan penyakit asam urat.

Keluhan seperti tangan kesemutan, terasa berat dan lemas dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti aktivitas berlebih, tekanan berulang dan dalam waktu lama, stres, cemas dan kondisi lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan Rasa Kantuk saat Bekerja di Kantor

Sejatinya rasa pegal-pegal, nyeri sendi dan otot kaku lumrah dirasakan oleh setiap orang apalagi para pekerja. Kemudian rasa pegal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan maka dari itu sebaiknya kamu beristirahat saja saat lelah bekerja.

Oleh karena itu, apabila kamu mengalami rasa sakit atau pegal ini jangan khawatir karena bisa diatasi dengan berbagai cara sederhana.

Seperti dilansir dari Suara.com, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi tangan sakit dan pegal sehabis bekerja:

1. Melakukan proses peregangan

Di sela aktivitas bekerja yang kamu lakukan ini untuk membuat otot agar lebih rileks adalah dengan melakukan peregangan. Kamu pun bisa melakukan proses peregangan singkat seperti berdiri sambil meregangkan otot tangan, pinggang, leher dan kaki.

Selain itu kamu pun bisa berjalan-jalan singkat mencari cahaya matahari untuk dijadikan alternatif dalam membuat tubuh dan pikiran lebih rileks dari penatnya pekerjaan. Coba lakukan peregangan tubuh selama 5 sampai 10 menit setiap beberapa jam sekali agar otot dan sendi tidak kaku.

2. Mengompres hangat atau dingin

Menggunakan kompres hangat atau dingin pada tangan yang sakit. Kompres hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan otot, sedangkan kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Coba keduanya dan lihat mana yang memberikan efek yang lebih baik.

Baca Juga: Tips Bekerja Di Kapal Pesiar Luar Negeri

3. Mengubah postur lebih baik

Pastikan kamu duduk dengan postur yang baik saat bekerja lalu perhatikan meja dan kursi agar sesuai dengan tinggi yang nyaman, sehingga tidak perlu membungkuk atau mengencangkan otot-otot tangan secara berlebihan.

4. Melakukan latihan kekuatan dan fleksibilitas

Dengan latihan fisik yang melibatkan tangan dan pergelangan tangan dapat membantu memperkuat otot-otot dan meningkatkan fleksibilitasnya.

Kemudan latihan kecil seperti meremas bola kecil, memutar pergelangan tangan dengan benda ringan, atau merentangkan jari-jari tangan dapat membantu memperkuat otot-otot tangan.

5. Menghindari tekanan yang berlebihan

Jika pekerjaan kamu melibatkan penggunaan tangan secara berlebihan, seperti mengetik atau menggunakan alat-alat dengan tekanan yang tinggi, berikan waktu istirahat yang cukup kepada tangan kamu. Sesuaikan jadwal kerja kamu untuk memberikan waktu pemulihan yang cukup bagi tangan.

Baca Juga: Lima Dampak Buruk Berlebihan Dalam Bekerja Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

6. Mengonsumsi makanan yang sehat

Pastikan kamu mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan tulang dan otot. Selain itu, perhatikan asupan kalsium, magnesium, dan vitamin D yang dapat membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

7. Minum air yang cukup

Jaga kecukupan hidrasi tubuh dengan meminum air yang cukup setiap hari karena air ini dapat membantu menjaga kelenturan otot dan mencegah dehidrasi yang bisa menyebabkan rasa pegal dan kram.

Itulah tadi beberapa tips dalam mengatasi rasa pegal dan sakit setelah bekerja. Semoga bermanfaat.

Claudia