blank
Ilustasi jantung pisang yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pohon pisang merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemui di Indonesia. Selain penanamannya yang mudah, pohon pisang juga dapat dimanfaatkan hampir semua bagiannya. Salah satu bagian yang banyak dimanfaatkan dan dijadikan berbagai olahan makanan adalah jantung pisang. Jantung pisang cocok diolah menjadi jantung pisang kuah santan maupun disajikan bersama sambal.

Jantung pisang (banana flower atau banana blossom) adalah bunga pisang yang akan menjadi buah pisang apabila matang, merupakan bagian dimana tempat buah berasal yang berwarna merah keunguan. Apabila diamati, akan ada bentuk pisang kecil berbunga di dalam setiap bagian jantung pisang.

Selain rasanya yang lezat, jantung pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yaitu memerangi radikal bebas, bunga pisang juga dinilai dapat membantu mengobati kanker dan mengurangi penuaan dini. Agar memperoleh hasil yang maksimal, kamu bisa menambahkan suplemen kesehatan untuk meningkatkan manfaat dari sifat antioksidannya.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Pisang Cavendish dan Manfaatnya

Melansir dari laman Hello Sehat, ada beberapa manfaat mengonsumsi jantung pisang yang perlu kamu ketahui.

1. Menurunkan Berat Badan

Menambahkan jantung pisang ke dalam menu makanan dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan jantung pisang merupakan makanan yang kaya serat. Serat sedniri diperlukan tubuh untuk melancarkan pencernaan, mengikat kolesterol dan membuang lemak tubuh. Mengonsumsi jantung pisang sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang sedang menjalani program diet.

2. Mencegah Kanker

Jantung pisang kaya akan kandungan antioksidan yang berperan penting untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa muncul dari dalam tubuh maupun luar tubuh seperti polusi dan radiasi ultraviolet. Apabila dibiarkan, beberapa penyakit berbahaya seperti kanker akan mudah menyerang. Mengonsumsi jantung pisang secra rutin dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya yang disebabkan radikal bebas.

Baca Juga: Ini Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya

3. Mencegah Infeksi

Jantung pisang memiliki manfaat mencegah infeksi. Kandungan etanol yang terdapat dalam jantung pisang berperan dalam mencegah perkembangbiakan bakteri patogen dalam tubuh. Bakteri patogen sendiri merupakan pemicu berbagai jenis penyakit akibat sistem imun tubuh yang lemah. Dengan rutin mengonsumsi jantung pisang, sistem imun tubuh akan meningkat dan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Baik untuk Penderita Diabetes

Ekstrak jantung pisang bermanfaat untuk mengurangi komplikasi diabetes. Mengonsumsi jantung pisang dan bagian tengah batang pisang (pseudostem) dapat membantu mengurangi risiko kadar gula tinggi dalam darah bagi penderita diabetes. Selain itu, ekstrak jantung pisang juga memiliki kemampuan untuk mengurangi komplikasi diabetes seperti neuropati diabetik.

Nah, itu dia beberapa manfaat jantung pisang untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Untuk mendapatkan manfaatnya, jantung pisang dapat diolah menjadi makanan sehat maupun dikonsumsi dalam bentuk ekstrak yang dapat dibeli di pasaran.

Claudia