blank
Penggemar bonsai melihat kontes bonsai Maks Mustika, di lapangan eks-pasar tradisional kota Blora (depan Mapolsek Blora). Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Kontes tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas (Bonsai) bertajuk ‘Maks Mustika, di  Blora.

Acara kontes bonsai Maks Mustika dihelat di lapangan eks-pasar tradisional kota Blora (depan Mapolsek Blora) Rabu 3 Mei 2023 hingga Minggu 7 Mei 2023. Pada 3 Mei dan 4 Mei untuk pendaftaran, 5 Mei 2023  penjurian dan Sabtu – Minggu 6 sampai 7 Mei 2023, dibuka untuk umum.

Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Blora, Umbaran Wibowo, SH. menerangkan ratusan bonsai dari berbagai daerah mengikuti kontes di Blora, Jawa Tengah dengan mengusung tema ‘Maks Mustika’.

Uniknya bonsai yang dikonteskan kali ini merupakan bonsai berukuran tidak lebih dari 30 sentimeter. “Ini adalah kelas khusus yang dipersiapkan untuk kontes tingkat Asia yang akan digelar di Bali, Desember 2023 mendatang,” jelas Umbaran Wibowo. Minggu, 7 Mei 2023.

Ratusan bonsai itu datang dari berbagai kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya, Semarang hingga Kalimantan.

“Sesuai konsepnya, kontes kali ini hanya diperuntukkan bonsai-bonsai dengan ketinggian maksimal 30 sentimeter,” kata Umbaran Wibowo.