Dikemukakan, kontes bonsai Maks Mustika adalah sebuah penjaringan, bonsai-bonsai berkualitas yang akan mewakili PPBI Blora di ajang kontes bonsai Asia, bulan Desember 2023  mendatang di Pulau Dewata.

“Dengan tajuk Bonsai Road To The Max di Pulau Dewata Bali, yang melibatkan beberapa negara di antaranya Vietnam, Singapura, Malaysia, China dan lainnya,” imbuh Umbaran Wibowo.

Pertama Kali Digelar di Jawa

Jadi bukan lagi nasional melainkan tingkat internasional, sehingga untuk 20 besar, akan dikirim ke Bali ikut kompetisi Asia mewakili Jawa Tengah, dengan kuota tiket dari PPBI Blora.

Tanaman Bonsai dalam kontes bonsai Maks Mustika, di lapangan eks-pasar tradisional kota Blora (depan Mapolsek Blora). Foto: Kudnadi Saputro Blora

Meski berukuran kecil, namun bonsai itu nampak cantik dan indah. Harga jualnya pun fantastis di kisaran puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. “Kontes bonsai mini ini merupakan pertama kali digelar di Jawa,” kata Umbaran Wibowo.

Selain itu kontes digelar untuk lebih memopulerkan bonsai-bonsai berukuran mini di masyarakat. Hasil penjurian telah menobatkan bonsai jenis pohon santigi, pengiriman dari wilayah Pati Jateng sebagai bonsai terbaik.

Sementara itu peringkat kedua diraih pohon santigi dari Kabupaten Gresik Jatim. Sedangkan peringkat ketiga disabet pohon anting putri dari Kabupaten Grobogan Jateng.

Selajutnya bonsai-bonsai juara mendapatkan piala dan sertifikat, sebagai dokumen, untuk diberangkatkan ke Pulau Bali.

Untuk diketahui, acara kontes bonsai Maks Mustika ini diapresiasi dan didukung oleh Bupati Blora yang menyempatkan waktu untuk hadir secara langsung, menyaksikan kontes bonsai di lapangan eks-pasar tradisional kota Blora.

Para penggemar bonsai Blora masih bisa melihat keindahan tanaman tersebut hingga beberapa hari karena masih ada di lokasi depan Mapolsek Blora.

Kudnadi Saputro