blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Beberapa daerah di Indonesia menjadikan singkong sebagai makanan pokok pengganti nasi. Pengolahannya sendiri beragam, mulai dari dikukus atau direbus sebagai pengganti nasi hingga dijadikan camilan dalam bentuk keripik.

Selain itu, kandungan serat mendatangkan manfaat singkong untuk bantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko obesitas, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Singkong mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium.

Dilansir dari Suara.com tak hanya lezat dan mengenyangkan, singkong memiliki banyak nutrisi yang dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga:Dapat Mengangkat Sel Kulit Mati, Ini 4 Manfaat Kulit Singkong Bagi Kecantikan Kulit

Nah, berikut hellosehat dan alodokter merangkum 5 manfaat singkong untuk kesehatan yang harus kamu tahu.

1. Mengontrol Gula Darah

Manfaat singkong untuk penderita diabetes tak perlu diragukan lagi, karena dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan oleh serat yang menghambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Tak hanya itu, singkong juga berperan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan kata lain, mengonsumsinya akan menghindarimu dari risiko penyakit diabetes dan jantung.

Baca Juga: Ini Resep Rendang Daun Singkong yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan

2. Menambah Energi

Singkong bisa dijadikan penambah energi berkat kandungan karbohidrat-nya yang cukup tinggi. Aktivitas fisik dan berat nyatanya dapat menguras glikogen, bentuk glukosa yang disimpan sebagai cadangan energi pada tubuh.

Dengan mengonsumsi singkong, energi bisa ditingkatkan. Umbi ini cocok bagi kamu yang sedang diet nasi agar tetap kuat dan fit menjalani aktivitas. Intinya, jangan sampai menghilangkan karbohidrat karena kandungan ini termasuk penting.

3. Mencegah Sembelit

Singkong juga mengandung serat berjenis pati resistan dengan jumlah yang cukup tinggi. Ini termasuk yang tidak larut dan kaya akan selulosa. Manfaatnya sendiri untuk melancarkan saluran pencernaan sehingga mampu mencegah sembelit.

Baca Juga: Resep Tumis Daun Singkong Bumbu Kecap ala Chef Rudy Choirudin

Kamu yang semula sulit buang air besar akan menjadi semakin lancar. Keberadaan kandungan tersebut juga memicu pertumbuhan bakteri baik yang dapat melindungi usus dari peradangan. Selain itu, mampu membutatmu merasa kenyang lebih cepat dan tahan lama.

4. Baik untuk Kulit

Vitamin C yang terdapat pada singkong diketahui mampu membentuk kolagen yang penting untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan rutin mengonsumsinya, kamu akan tampak lebih muda serta terhindar dari berbagai gejala penuaan dini, seperti muncul keriput, kusam, dan garis halus.

5. Memelihara Fungsi Jaringan Tubuh

Singkong juga menjadi salah satu sumber mineral yang terdiri dari kalium, zat besi, fosfor, mangan, dan kalsium. Semua nutrisi ini dibutuhkan untuk perkembangan serta menjalani fungsi jaringan tubuh.

Baca Juga:MBI Bersama YBM PLN Gelar Pelatihan Pembuatan Tepung Mocaf untuk Petani Singkong

Diantaranya, mulai dari menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu proses pembentukan protein yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh, memelihara saraf, mengurangi risiko osteoporosis, hingga mendukung pemecahan karbohidrat.

Itulah 5 manfaat singkong yang ternyata sangat baik bagi kesehatan. Apakah kamu termasuk yang sering mengonsumsi jenis umbi satu ini?

Claudia