blank
Ilustrasi singkong. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Beberapa daerah di Indonesia menjadikan singkong sebagai makanan pokok. Singkong tak hanya bisa mengenyangkan, namun juga ada manfaat lain yang bisa dirasakan.

Tak hanya daging umbi-umbiannya saja yang bisa bermanfaat bagi tubuh, nyatanya kulit yang terdapat pada singkong juga kaya akan manfaat. Dilansir dari Suara.com, kulit singkong yang biasanya dibuang, ternyata bisa berguna untuk kecantikan kulit wajah, lho.

Mengutip dari laman halodoc.com, inilah beberapa manfaat kulit singkong untuk kecantikan kulit wajah.

Baca Juga: Dapat Mencegah Penyakit Jantung, 6 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

1. Bisa mengangkat sel kulit mati

Manfaat yang pertama dari kulit singkong yaitu bisa mengangkat sel kulit mati. Caranya adalah dengan membuat scrub yang terbuat dari kulit singkong dengan menumbuk kulit tersebut tekstur yang sedikit kasar tidak sampai benar-benar halus.

Cara pemakaiannya yaitu dengan oleskan scrub yang telah dibuat tadi secara perlahan dengan lembut pada kulit wajah. Lakukan perawatan ini setiap dua hingga tiga minggu sekali.

2. Bisa digunakan untuk masker wajah

Masker wajah yang terbuat dari kulit singkong dengan cara diparut sampai benar-benar halus tanpa mencampurkannya dengan air.

Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit yang kemudian dibilas. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun serta madu.

Baca Juga: Ini Manfaat jika Kamu Minum Infused Water

3. Menghilangkan bekas luka

Jika kamu mempunyai bekas luka yang tidak hilang, kamu bisa memanfaatkan kulit singkong untuk menghilangkannya.

Kamu bisa membuat adonan singkong yang telah diparut kemudian oleskan pada bagian kulit yang memiliki bekas luka. Untuk memaksimalkan hasilnya, kamu bisa rutin mengoleskannya pada bekas luka setiap dua kali sehari.

4. Dapat menghidrasi kulit

Jika kamu mengalami kulit wajah yang kering, kamu bisa menggunakan kulit singkong sebagai bahan alternatif alami yang dapat berfungsi untuk menghidrasi kulit.

Baca Juga: Manfaat Timun untuk Wajah, Begini Cara Pemakaiannya

Kamu bisa mencampurkan parutan singkong dengan tetesan lemon atau minyak zaitun yang kemudian oleskan pada wajah agar kulit bisa terhidrasi kembali.

Itulah beberapa manfaat dari kulit singkong untuk kecantikan wajah. Kendati demikian, sebelum mencoba beberapa tips di atas pastikan kulitmu aman untuk melakukan perawatan ini.

Claudia