blank
Ilustrasi manfaat timun untuk wajah. Foto: Dok/Halodoc.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Timun, selain enak dikonsumsi, juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah.

Kandungan vitamin C, asam folat, dan antioksidan di dalamnya mampu memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Banyak manfaat kecantikan yang bisa kamu peroleh dari menggunakan timun.

Melansir dari Halodoc.com (Healthline), timun memiliki sifat antiinflamasi, mengandung antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C serta asam folat. Untuk perawatan wajah, kamu bisa mengolahnya menjadi masker dan dicampurkan dengan bahan-bahan lain seperti lidah buaya.

Saat dikonsumsi, timun dapat memberikan efek untuk melawan peradangan karena kandungan vitamin C dan asam caffeic nya. Saat diaplikasikan ke wajah, kandungan ini tentunya dapat memberikan banyak manfaat positif, simak!

1. Menyamarkan kantung mata
Kandungan vitamin C yang ada pada timun, ternyata mampu menyamarkan kantung mata atau mata panda yang sering disebabkan karena kurang tidur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kombinasikan dengan krim mata supaya kulit tetap lembap dan istirahat secukupnya.

2. Mengatasi jerawat

Jerawat timbul akibat menumpuknya kotoran di dalam pori-pori wajah. Kamu bisa mengolah timun sebagai masker untuk membantu membersihkan pori-pori tersebut. Selain membantu membersihkan kotoran pada pori-pori, senyawa yang terkandung dalam timun juga mampu mengencangkan kulit wajah.

3. Mencegah keriput

Semakin bertambahnya umur, kulit akan mulai mengendur dan timbul garis-garis pada wajah. Menurut penelitian yang dimuat dalam Archives of Dermatological Research, kandungan antioksidan dalam timun dapat melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Vitamin C yang ada pada timun juga mampu merangsang pertumbuhan sel baru.

4. Mengobati kulit iritasi

Saat kulit iritasi, biasanya timbul rasa perih, gatal dan terbakar pada wajah. Wajah pun terlihat kemerahan akibat kulit mengalami peradangan. Iritasi kulit seperti ini biasanya disebabkan oleh kulit yang terbakar sinar matahari, gigitan serangga atau sensitif terhadap kandungan skincare.

Antioksidan dalam timun dapat memberikan efek menenangkan pada kulit yang iritasi, sehingga gejalanya pun bisa diminimalkan.

5. Melembabkan kulit

Timun adalah salah satu sayuran dengan kandungan air yang cukup banyak. Hampir 96 persen timun terdiri dari air. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan timun untuk wajah yang tidak dikombinasikan dengan bahan lain, justru dapat mengurangi hidrasi kulit. Kamu bisa menambahkan lidah buaya, yoghurt atau madu untuk menambah hidrasi pada kulit wajah.

Untuk memakai timun sebagai perawatan wajah, kamu bisa mengolahnya menjadi masker. Iris timun menjadi beberapa bagian lalu langsung tempelkan ke area wajah. Kamu juga bisa menumbuk timun sampai halus, kemudian campurkan dengan bahan lain untuk dioleskan ke wajah sebagai masker.

Jika kamu mengalami masalah kulit pada wajah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kulit. Semoga bermanfaat!

Ning S