blank
Ilustrasi ubi ungu. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ubi ungu merupakan salah satu jenis ubi jalar yang cukup populer dijadikan sebagai makanan dan cemilan yang begitu lezat. Tak hanya warnanya yang menarik, ternyata ubi ungu juga memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang.

Ubi ungu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari dari menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan risiko kanker, menyehatkan organ hati dan ginjal, serta melindungi tubuh dari toksisitas.

Dilansir dari Suara.com, ubi ungu kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin yang membantu meningkatkan daya tahan, sekaligus melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Baca Juga: Lima Manfaat Kubis Merah, Salah Satunya Bersifat Antikanker

Kandungan vitamin C, beta karoten, dan antosianin dalam ubi ungu juga bekerja sebagai senyawa aktif yang memberikan efek antioksidan saat di konsumsi.

Dilansir dari alodokter.com berikut adalah 6 manfaat ubi ungu bagi kesehatan tubuh.

1. Membantu mengontrol berat badan

Ubi ungu diketahui kaya akan serat dan mengandung karbohidrat kompleks. Selain itu, ubi ungu juga rendah kalori. Dengan begitu, mengkonsumsi ubi ungu akan menimbulkan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

Baca Juga: Ini Manfaat jika Kamu Minum Infused Water

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kalian yang sedang mengontrol berat badan atau sedang menjalani program diet karena lebih leluasa dalam mengontrol porsi makan.

2. Memelihara kesehatan mata

Tahukah kalian bahwa mengkonsumsi ubi ungu berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata? Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan beta karoten yang cukup tinggi dalam makanan ini.

Selain itu, ubi ungu juga kaya akan kandungan vitamin C, zinc, dan tembaga. Kandungan-kandungan tersebut terbukti mampu mencegah beragam penyakit mata yang disebabkan oleh pertambahan usia.

Baca Juga: Ini Manfaat Gula Merah bagi Kesehatan Tubuh, Simak!

3. Mencegah penyakit jantung

Diketahui bahwa mengkonsumsi ubi ungu berpotensi menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi atau darah tinggi. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Manfaat tersebut berasal dari adanya kandungan kalium pada makanan ini. Selain itu, adanya serat dalam ubi ungu juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tekanan darah.

4. Mengurangi risiko terjadinya peradangan

Manfaat selanjutnya dari ubi ungu adalah berguna untuk mengurangi risiko terjadinya peradangan atau inflamasi pada tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan pada ubi ungu yang bersifat antiinflamsi.

Baca Juga: Manfaat Timun untuk Wajah, Begini Cara Pemakaiannya

5. Mampu mencegah kanker

Ubi ini berwarna ungu karena mengandung zat antisionin, yaitu zat pemberi warna ungu pada beberapa jenis sayuran termasuk pada ubi ungu. Zat ini bersifat antioksidan yang mampu melawan efek radikal bebas penyebab kanker.

Nah, itulah 5 manfaat ubi ungu bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Claudia