blank
Ilustrasi gula merah. Foto: Dok/Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Banyak orang meyakini jika gula merah (gula jawa) memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Gula merah diyakini memiliki manfaat yang lebih baik dibanding gula pasir. Gula merah sendiri merupakan salah satu jenis gula yang terbuat dari sari kelapa.

Dilansir dari Alodokter.com, ada beberapa manfaat gula merah untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Simak yuk..

1. Aman dikonsumsi untuk penderita diabetes

Meski manis, gula merah memiliki indeks glikemik rendah. Dengan mengkonsumsi gula merah dalam jumlah yang wajar tidak akan menyebabkan gula darah menjadi naik dengan cepat, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Gula merah sendiri mengandung inulin, yang mempunyai manfaat untuk memperlambat penyerapan gula dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya lonjakan gula darah secara cepat.

2. Memelihara kesehatan tulang

Gula merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan kalsium dan kalium yang terdapat dalam gula ini.

Peran kalsium dalam tubuh adalah untuk membentuk tulang yang kuat. Sementara itu, kalium berguna untuk meminimalkan terbuangnya kalsium melalui urine. Dengan begitu, kalsium akan diserap oleh tubuh secara maksimal sehingga tulang akan lebih kuat dan sehat.

3. Membantu memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh

Gula merah mengandung beragam jenis mineral penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Diantaranya adalah zat besi, zinc, kalsium, dan kalium. Mengkonsumsi gula merah akan membantu memenuhi kebutuhan mineral harian tubuh.

4. Mencegah kelelahan

Mengkonsumsi gula merah dapat mengurangi rasa lelah. Hal ini dapat terjadi karena gula merah mengandung zat besi yang berguna untuk mencegah rasa lelah, bahkan mengurangi risiko anemia.

5. Meningkatkan energi dan mencegah gula darah rendah

Manusia membutuhkan asupan glukosa atau gula yang berguna untuk meningkatkan energi. Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu mengkonsumsi gula merah agar memiliki energi lebih.

Selain itu, asupan glukosa juga diperlukan tubuh agar tubuh kalian tidak mengalami gula darah rendah atau hipoglikemia. Namun, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya ya, agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

Itu tadi beberapa manfaat gula merah bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Ning S