blank
Ilustrasi kembang turi. Foto: Dok/SeharQ.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kembang turi (bunga turi) termasuk sayuran yang cukup digemari masyarakat, karena rasanya yang enak ketika sudah diolah.

Kembang turi juga banyak kita jumpai di pedagang sayur maupun pedagang pecel.

Melansir dari SehatQ.com, bunga turi putih ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Sebagai sumber antioksidan alami

Dalam bunga turi terkandung beta-karoten dan flavonoid yang memiliki peran sebagai antioksidan. Beta-karoten dalam bunga ini nantinya akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Seperti yang kita tahu, vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan kulit.

2. Sebagai antibakteri

Kembang turi memiliki sifat antibakteri, dan tak hanya pada bunga melainkan seluruh tanaman ini memiliki sifat antibakteri. Oleh karena itu, tanaman turi bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit yang terkait dengan bakteri, termasuk mengatasi TBC.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 lalu, disebutkan bahwa akar tanaman turi memiliki potensi mengobati TBC yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tubercolosis.

Sementara dalam penelitian lain juga menyatakan bahwa daun turi bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab pneumoia.

3. Kaya akan vitamin B2

Vitamin B2 juga cukup banyak terkandung dalam bunga turi. Selain pada bunga, vitamin ini juga terdapat pada biji turi. Dengan mendapatkan banyak asupan vitamin B2 maka akan mencegah berbagai macam penyakit pada tubuh.

4. Membantu menjaga kadar gula darah

Disebutkan bahwa ekstrak metanol dari bunga turi memiliki efek antidiabetes. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Scientifica pada tahun 2016 silam.

Penelitian ini melibatkan tikus yang mengidap diabetes, hasilnya tikus tersebut mengalami penurunan kadar gula darah, bahkan sampai mendekati normal.

Namun, hal itu masih perlu diteliti lebih lanjut karena masih terbatas pada percobaan terhadap hewan. Ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif bunga turi dalam mengatasi diabetes, serta apa saja dampaknya bagi kesehatan.

Itulah 4 manfaat kembang turi putih bagi kesehatan. Semoga bermanfaat ya..

Ning S