Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan salah satuhal yang banyak dinantikan saat momen lebaran. Bahkan pemberian THR seakan sudah menjadi tradisi sebagai bentuk ucapan kasih sayang dan bentuk penghargaan pada seseorang.

Siapa pun pasti senang jika mendapatkan THR dengan jumlah yang banyak. Tapi jangan juga justru terlena dengan euforia pemberian THR sehingga melalaikan peruntukan THR baiknya digunakan untuk apa.

Dilansirdari Suara.com, pentingnya pemanfaatan THR yang tepat demi membantu meringankan pengeluaran selama lebaran.

Baca Juga: Bagi-bagi Parsel Lebaran Ternyata Sudah Jadi Tradisi sejak Dulu

Dengan adanya THR, momen lebaran bisa saja akan semakin meriah karena berbagai kebutuhan bisa terpenuhi. Selain digunakan untuk membeli baju, aneka jajanan, dan lain sebagainya.

THR juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain agar lebih bermanfaat. Nah, berikut ini setidaknya ada enam peruntukan THR seperti disadur dari akun instagram @baznasindonesia.

1. Utamakan lunasi hutang atau cicilan terlebih dahulu

Hutang adalah hal wajib yang harus dibayarkan, begitupun dengan cicilan tentu ada tanggal jatuh tempo yang harus dilunasi. Ketika menerima THR, ada baiknya untuk digunakan dengan melunasi hutang terlebih dahulu agar bisa mengurangi tekanan dalam pembayaran hutang.

Baca Juga: Jangan Terlewat! Ini 5 Hal yang Perlu Disiapkan Dalam Menyambut Lebaran

Jangan malah ketika menerima THR justru dipergunakan untuk membeli yang tidak terlalu prioritas, padahal ada kebutuhan lain yang harus kamu tunaikan.

2. Alokasikan untuk zakat dan sedekah

Sebagaimana diketahui bahwa dalam rukun islam, mengeluarkan zakat itu adalah hal wajib yang harus ditunaikan. Dengan adanya THR menjadi momen terpenting untuk membayar zakat dan bisa juga digunakan untuk bersedekah.

Hal ini tak lain karena bersedekah merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama dan menghindari diri yang namanya sifat egois.

Baca Juga: 5 Tips Lebaran Sehat, Kamu Harus Coba!

3. Buat daftar prioritas kebutuhan

Saat menerima THR mungkin saja akan terngiang untuk membeli banyak barang, bahkan sampai menghabiskan THR untuk dibelanjakan. Kondisi ini jelas tidak tetap dalam pengelolaan THR.

Penting kiranya kamu membuat list kira-kira apa yang menjadi prioritas kebutuhan kamu. Janganlah membiarkan THR itu dibelanjakan untuk hal yang bukan prioritas kebutuhan.

4. Simpan sebagian THR untuk tabungan dana darurat

Kamu juga dapat menyimpan sebagian THR untuk kebutuhan dana darurat. Persiapan dana darurat menjadi hal penting diperhatikan karena kita tidak pernah tahu ke depan bakalan terjadi ala.

Baca Juga: Identik dengan Makanan Bersantan, Inilah 5 Tips Tetap Sehat Menyantap Hidangan Lebaran

Jangan sampai tiba-tiba ada kebutuhan darurat lantas tidak punya dana persiapan, tentu bakalan repot juga. Itulah mengapa kita mesti punya yang namanya dana darurat, dengan THR pun dapat disisakan sebagian.

5. Investasikan sisa THR

Jika masih ada sisa THR setelah membelanjakan untuk kebutuhan prioritas, kamu juga bisa untuk menggunakannya dengan investasi.

Investasi ini menjadi hal penting diterapkan setiap manusia demi kebutuhan di masa mendatang, dengan berinvestasi berarti ada persiapan untuk menyambut masa depan.

Baca Juga: Tips Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama

6. Catat setiap pengeluaran

Tips terakhir saat kamu menerima THR dengan mencatat setiap pengeluaran. Itu penting kamu lakukan agar mengetahui keseimbangan pemasukan dan pengeluaran kamu. Disisi lain kamu juga mampu meminimalisir setiap kebutuhan kamu dengan baik.

Nah itulah enam tips yang dapat dilakukan demi mempergunakan THR agar lebih bermanfaat. Meskipun THR ini bukanlah pendapatan bulanan, tetapi perlu juga mengaturnya dengan baik.

Claudia