blank
Ilustrasi opor ayam. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Lebaran jadi momen yang spesial. Pada momen ini banyak orang merayakannya dengan penuh sukacita bersama keluarga. Salah satu hal yang melekat dengan momen lebaran adalah hidangan yang disajikan. Tentu saja di hari kemenangan ada banyak hidangan khas yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa diantara hidangan tersebut seperti opor, kari ayam, rendang dan sederet hidangan nikmat yang lainnya. Hidangan tersebut memang sangat nikmat untuk disantap.

Meskipun begitu, kamu juga perlu untuk membatasi jumlah porsi dalam mengonsumsinya, terutama hidangan khas lebaran yang identik dengan santan. Jika dikonsumsi berlebihan, maka bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti kolesterol tinggi, obesitas, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Segera Tinggalkan! ini 4 Dampak Buruk Begadang saat Berpuasa

Namun, kamu tak perlu khawatir dan takut. Jika kamu mengikuti tips berikut bisa kok menyantap hidangan lebaran dengan tetap sehat seperti yang telah disadur dari halodoc.com.

1. Batasi asupan makanan

Pada saat lebaran, hidangan yang khas disajikan biasanya mayoritas bersantan. Agar tetap sehat, pentingnya untuk mengontrol serta membatasi porsi makanan bersantan dengan cara mengurangi siraman kuah santan yang memenuhi piring. Makanan seperti opor, rendang, serta sambal goreng, makanan yang berdaging jika dikonsumsi berlebihan maka juga tidak baik dan malah berdampak pada masalah kesehatan.

2. Jangan sampai kalap

Hidangan lebaran yang menggugah selera seringkali membuat kalap hingga lapar mata. Hal tersebut bisa memicu makan dengan jumlah porsi besar hingga bisa memicu obesitas. Meskipun tidak sedang dalam keadaan puasa lagi, kembalilah ke rutinitas makan seperti biasa dengan porsi normal.

Baca Juga:Jalani Hati dengan Penuh Sukacita di Momen Spesial, Ini 5 Tips Mempersiapkan Lebaran

Belum lagi jika lebaran dipenuhi hidangan kue kering yang membuat ingin mencicipinya. Saat lebaran perlu diingat makanlah secukupnya hingga jangan sampai membuat kalap.

3. Kurangi hidangan berlemak

Makanan khas lebaran seperti daging rendang, jerohan semuanya memiliki kandungan lemak yang tinggi. Untuk menjalani lebaran sehat, pentingnya mengurangi hidangab yang berlemak. Meskipun cukup menggugah selera dan lezat, hindari untuk menyantapnya secara berlebihan dengan memasukkan semua menu tersebut secara bersamaan.

4. Berhenti dulu

Berhenti disini memiliki arti jika perut telah menunjukkan sinyal kenyang, maka jangan dipaksakan untuk menyantap terus menerus. Meskipun hidangannya lezat, bukan hal yang baik jika makan secara berlebihan. Hindari untuk menyantap semua jenis makanan dalam satu waktu. Untuk menyiasatinya kamu bisa menyantap menu yang sebelumnya belum dicicipi pada siang hari.

Baca Juga: Polda Jateng Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023, Amankan Mudik Lebaran

5. Pilih air putih saja

Biasanya tak hanya makanan seperti opor, rendang, jerohan saja yang disajikan. Minuman manis juga tak kalah eksis saat lebaran, seperti es buah, teh, dan minuman sirup. Hal ini bisa membuat gula darah meningkat drastis dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan jika tak diimbangi dengan olahraga.

Agar lebaran tetap sehat, perbanyak mengonsumsi air putih agar bisa menetralisir sehingga bisa membantu membersihkan ginjal serta mengurangi penumpukan kalori yang ada pada menu hidangan lebaran.

Itulah beberapa tips sehat menikmati hidangan lebaran. Meskipun identik dengan makanan bersantan, dengan menerapkan aturan tersebut bisa menjalani lebaran sehat dengan tanpa gangguan masalah kesehatan. Semoga bermanfaat.

Claudia