blank
Ilutrasi mengantuk saat berpuasa. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jam tidur yang berubah saat Ramadan jadi hal yang biasa terjadi setiap tahunnya. Ibadah malam seperti salat tarawih dan sahur menyebabkan seseorang harus menyesuaikan jam tidurnya menjadi lebih sedikit.

Tidak jarang seseorang bahkan kerap begadang hingga waktu sahur tiba. Padahal ada bahaya yang bisa muncul saat seseorang memutuskan untuk begadang selama puasa.

Jika sering dilakukan, begadang tentu berisiko menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Beberapa efek akibat sering begadang yang kerap kali dialami yaitu peningkatan berat badan, stres, penurunan konsentrasi, dan lain sebagainya.

Mengutip dari laman Halodoc, berikut adalah dampak negatif dari begadang saat puasa yang harus segera ditinggalkan.

Baca Juga: Tips Bau Mulut Karena Puasa

1. Penyakit diabetes tipe 2

Ketika seseorang melewatkan waktu tidurnya, maka ritme jam biologis pada tubuh menjadi terganggu, akibatnya adalah kerja insulin juga ikut terganggu sehingga bisa mendatangkan penyakit diabetes yang berbahaya bagi tubuh.

2. Kelelahan di siang hari

Perasaan khawatir bangun kesiangan saat sahur dan ingin fokus beribadah malam hari saat bulan suci Ramadan menyebabkan seseorang rela begadang di malam hari.

Akibat kurangnya waktu tidur dan istirahat maka bisa dipastikan seseorang yang begadang menjadi cepat kelelahan di siang harinya. Terlebih lagi asupan makan dan minum yang jauh berkurang saat puasa hingga membuat seseorang mudah lemas.

Baca Juga: Tips Jaga Pola Makan Selama Puasa

3. Berat badan bertambah

Kurangnya waktu tidur bisa mempengaruhi tiga hormon, yaitu hormon kortisol, grelin, dan leptin. Hormon tersebut bisa mempengaruhi napsu makan seseorang.

Jika seseorang kurang tidur maka napsu makan menjadi bertambah dan memicu untuk terus mengemil hingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan bahkan bisa menderita obesitas.

4. Kemungkinan hipertensi

Tidur terbukti bisa mengurangi tekanan darah seseorang hingga sebanyak 10-20 persen. Akan tetapi jika seseorang begadang pada malam hari hingga melewatkan waktu tidur, takanan darah bisa melebihi ambang normal yaitu lebih dari 130/80 mmHg yang bisa menyebabkan hipertensi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering saat Puasa? Simak Penjelasannya

Mengingat bahaya yang ditimbulkan cukup serius, maka kita harus mengurangi dampak negatif dari begadang agar tubuh menjadi lebih sehat dan fit.

Jangan sampai ibadah puasa yang tadinya bisa membuat organ-organ tubuh menjadi sehat justru malah berubah menjadi hal negatif karena kesalahan waktu tidur yang dilewatkan.

Selain itu, pola makan bergizi juga harus diperhatikan demi kesehatan tubuh. Mari jaga kesehatan agar kita bisa merayakan lebaran dengan penuh suka cita!

Claudia