blank
Ilustrasi zakat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Saat mendekati lebaran, momen itu biasanya disuguhkan berbagai kesikubukan. Mengapa tidak? Lebaran menjadi momen paling penting dan sakral bagi umat islam di seluruh penjuru dunia.

Biasanya saat hari lebaran, akan banyak kedatangan tamu, baik dari keluarga maupun teman. Sehingga perlu kiranya ada persiapan dalam menyambut kedatangan mereka. Apalagi saat lebaran menjadi hari kemenangan dan kebahagian bagi semua.

Gema takbir akan berkumandang dari ruang-ruang perkotaan hingga sudut pedesaan membuat hati terasa sejuk, di samping itu pula tradisi ucapan saling memaafkan terhadap sesama menjadi momen penting yang tak boleh diabaikan.

Dilansir dari Suara.com, untuk itu penting kiranya mempersiapkan diri dalam menyambut lebaran. Mungkin ada banyak hal penting dipersiapkan saat menyambut lebaran, namun hal sederhana ini juga penting kamu siapkan dan gak boleh disepelekan, di antaranya:

1. Bayar zakat

Sebelem lebaran tiba, wajib bagi kita semua untuk membayar zakat, perintah ini telah termaktuk dalam rukun islam. Membayar zakat juga menjadi bagian menaruh kebahagian kepada orang-orang yang kurang tidak mampu, karena memang dari harta yang kita miliki itu ada hak orang lain yang wajib dikeluarkan dan diperuntukan oleh orang dengan ekonomi kelas bawah.

Sehingga saat lebaran tiba, momen kebahagiaan itu terasa dan terlihat, semua orang bisa merasakan nikmatnya makanan dan tidak ada lagi yang kelaparan, karena yang berpunya berbagi kepada yang tidak berpunya.

2. Siapkan makanan khas lebaran

Lebaran memang identik dengan makan-makan bersama keluarga dan kerabat. Meskipun mempersiapkan berbagai menu makanan lebaran sudah menjadi tradisi tetapi selalu butuh yang namanya perencanaan, kira-kira menu apa? Saya rasa semakin banyak menu yang disuguhkan saat lebaran, gak masalah, karena lebaran memang waktunya untuk meraih kebahagian kepada semua umat manusia.

3. Siapkan pakaian dan perlengkapan ibadah

Meskipun memakai pakaian baru saat lebaran bukan hal wajib, tetapi tidak ada salahnya untuk memakai kostum terbaik saat menyambut hari raya kemenangan tersebut. Betapa kita bisa perhatikan saat lebaran terlihat pakaian baru dari orang-orang dalam memaknai lebaran hari raya. Tetapi, hal yang mesti diingat pula bahwa janganlah pernah memaksakan diri untuk membeli baju atau pakaian baru demi menyambut lebaran, selagi mampu memakai pakaian baru, mengapa tidak?

Kalaupun tidak bisa membeli baju baru, masih bisa kok mencuci dan menyetrika pakaian lama agar tampak rapi dan bersih. Selain baju, kamu juga bisa memperbarui perlengkapan ibadah buat salah idul fitri, seperti sajadah, mukenah, sarung, ataupun kopiah bagi seorang laki-laki.

4. Berbagi THR

Berbagi THR juga bukan hal wajib dan memang diperuntukan bagi orang yang berpunya. Apalagi berbagi THR ini seakan sudah menjadi tradisi di Indonesia. Berbagi THR ini sebenarnya sebagai ungkapan bentuk kasih sayang kepada orang-orang tercinta, memaknai momen lebaran dengan bersedekah atau berbagi. Tidak masalah jika tidak bisa memberi dengan jumlah yang besar, karena berapa pun jumlahnya pasti akan sangat berguna. Kalau pun tidak bisa memberi uang maupun barang, THR bisa saja dimaknai dengan memberi kasih sayang.

5. Bersih-bersih dan dekorasi rumah

Seperti yang diketahui saat lebaran, tentu banyak anggota keluarga dan kerabat yang akan berkunjung ke rumah. Untuk itulah, sebaiknya kamu memperbarui tampilan rumah dan memastikan kebersihan seluruh sudut rumah dari debu dan kotoran. Kamu bisa mempersiapkan karpet tambahan, mengatur tata letak kursi, dan hal lain yang dapat membuat mata nyaman saat memandangnya.

Nah, itulah lima hal yang perlu dipersiapkan saat menuju lebaran. Kira-kira sahabat sekalian apa saja yang sudah disiapkan dalam menyambut lebaran kali ini? Jangan sampai kita melewatkan momen terpenting di hari lebaran, selain momennya yang sakral juga sebagai ajang untuk merajut kembali kebersamaan dan kebahagiaan bersama keluarga.

Claudia