Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menjelang semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri maka orang-orang akan memanfaatkan momentum lebaran sebagai ajang untuk bersilaturahmi dan kembali ke kampung halaman.

Banyak sekali alternatif kendaraan yang digunakan untuk mudik, seperti menggunakan motor, mobil, kereta api, kapal laut dan pesawat. Untuk Anda yang mudah mabuk perjalanan, maka tidak ada salahnya Anda mempersiapkan segala kemungkinan yang ada.

Dilansir dari Suara.com, berikut ini ada rekomendasi obat herbal untuk atasi mabuk perjalanan saat mudik seperti yang dikutip dari Hellosehat dan honestdocs.

1. Jahe

Jahe memang terkenal sebagai salah satu obat herbal yang memiliki beragam khasiat, salah satunya untuk atasi mabuk perjalanan.

Seperti yang dilansir dari honestdocs, American Journal of Physiology – Gastrointestinal mengemukakan bahwa orang yang mengonsumsi racikan jahe saat perjalanan lebih sedikit mengalami mual daripada yang tidak mengonsumsinya.

Sebelum berangkat rebus jahe yang sudah dicampur air dan madu, Anda bisa meminumnya ataupun membawanya dalam termos untuk diminum selama perjalanan.

2. Peppermint

Sediakanlah permen rasa pepermint dalam perjalanan Anda. Jika Anda kurang menyukai permen peppermint, Anda bisa meneteskan minyak aroma peppermint di sapu tangan, atau teteskan dan gosok di telapak tangan untuk mencium aromanya.

3. Minyak kayu putih

Sensasi hangat pada minyak gosok ini mampu memberikan efek tenang atau rileks. Gosokkan pada beberapa bagian tubuh seperti perut, leher, dada, atau tengkuk untuk meringankan rasa mual.

Jika Anda kurang menyukai aroma minyak kayu putih, Anda bisa menggantinya dengan minyak gosok hangat lainnya.

4. Teh hangat

Minuman teh hangat juga bisa meredakan gejala mual saat berada di dalam kendaraan. Buatlah teh hangat rendah gula dalam sebuah termos untuk diminum saat perjalanan mudik nanti.

5. Lemon

Lemon yang rasanya masam dan segar ini bisa menjadi rekomendasi obat herbal untuk atasi mabuk.

Cara mengonsumsinya yaitu peras satu buah lemon dalam satu gelas air dan campurkan madu secukupnya. Anda bisa meminum ramuan lemon tersebut sebelum atau selama perjalanan.

Itu tadi rekomendasi obat herbal untuk atasi mabuk perjalanan saat mudik. Sebelum mudik Anda bisa siapkan terlebih dahulu obat herbal tersebut agar perjalanan mudik Anda bisa tenang dan nyaman. Selamat mudik dan stay safe!

Claudia