blank
Lestari Moerdijat saat mengikuti diskusi secara daring. Foto: lmc

BACA JUGA: Talkshow bersama Satgas PPKS USM, Riris : Laki-Laki Bisa Jadi Korban Kekerasan Seksual

Sejumlah rekayasa lalu lintas itu, tambah Aan, akan diterapkan di ruas tol Jakarta-Cikampek dan Cipali. Titik hambatan di jalan tol, juga terjadi di rest area, yang bisa menjadi penyebab kelambatan arus mudik.

Sehingga pihaknya juga akan mengatur arus masuk ke rest area, agar tidak berhenti di depan tenant, dan membatasi pemanfaatan rest area maksimal 30 menit.

Informasi lain juga diperoleh dari Kepala Sub Direktorat Rekayasa Lalu Lintas, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI, Rudi Irawan, yang mengungkapkan Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jabodetabek dan Daerah Istimewa Yogyakarta, diperkirakan masih menjadi lima daerah dengan pergerakan orang terbanyak di masa mudik Lebaran.

BACA JUGA: Safari Ramadhan di Masjid Al-Mizan Tahunan, Sekda Jepara: Waspadai Kejahatan dan Bahaya Petasan

Puncak arus mudik, papar Rudi, diperkirakan pada Jumat (21/4/2023), dan puncak arus balik diperkirakan terjadi Selasa (25/4/2023). Diperkirakan juga akan terjadi puncak arus balik kedua pada Minggu-Senin (30 April dan 1 Mei 2023).

”Kami berharap, masyarakat bisa melakukan mudik lebih awal, agar tidak terjadi puncak mudik tunggal, yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Kami juga menghimbau, agar masyarakat menggunakan angkutan umum yang resmi, dengan menghindari travel gelap. Hal ini agar perjalanan mudiknya lebih aman,” pinta dia

Pada kesempatan itu disampaikan juga, pada H-7 dan H+7 Lebaran, fasilitas jembatan timbang akan ditutup, dan fungsinya akan dialihkan menjadi rest area di jalur arteri.

BACA JUGA: Internet MyRepublic Rayakan Hari Jadi ke-8, Buka Cabang di 8 Kota

Sementara itu, Ketua DPP Partai Nasdem Bidang Pembangunan dan Infrastruktur, Okky Asokawati menyebutkan, pada masa mudik Lebaran tahun ini, dihimbau agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. Hal itu mengingat rendahnya tingkat keamanan kendaraan roda dua untuk perjalanan jarak jauh.

Okky juga mendorong pengoperasian rest area type C di jalur-jalur mudik, untuk mengantisipasi terjadinya simpul-simpul kemacetan akibat antrean pemudik ke toilet.

”Selain itu, kondisi jalan-jalan alternatif juga harus diperhatikan, lewat perbaikan sejumlah jalan yang rusak. Ini perlu segera dilakukan, untuk menciptakan mudik yang nyaman dan aman,” tegas dia.

Riyan