blank
Suasana sarapan di home stay Bu Sarwanti. Benar-benar serasa di rumah sendiri, hommy. Foto: Widiyartono R.

BULAN Februari 2023 lalu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan peringatan Hari Pers Nasional (HPN). Seperti biasa, PWI Provinsi Jateng setiap peringatan HPN selalu bekerja sama dengan Pemkab/Pemkot yang menjadi tuang rumah penyelenggaraan, selalu ada kegiatan pariwisatanya.

Seperti yang berlangsung pada HPN 2023, Kota Semarang menjadi tuan rumah. PWI Jateng bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. Sejumlah wartawan dari berbagai daerah di Jateng akan datang ke Semarang, dan mereka akan diajak berwisata diibu kota Jateng ini.

Memang Kota Semarang punya beberapa destinasi seperti Kota Lama yang sudah sangat popular, kemudian Lawang Sewu, Kelenteng Sam Poo Kong, Vihara Buddhagaya Watugong, Masjid Agung Jateng, dan lainnya. Tetapi yang dipilih adalah suasana pedesaan, karena Semarang memiliki wilayah suburban seperti Gunungpati atau Mijen.

Dipilihlah Kawasan Desa Wisata Kandri di Kecamatan Gunungpati sebagai destinasi pilihan. Di Kawasan itu ada Gua Kreo yang sudah terkenal sejak zaman dulu, dan kini dikelilingi Waduk Jatibarang yang juga menjadi magnet wisata.

blank
Berfot bersama Pak Widodo-Bu Sarwanti di depan rumahnya yang asri. Foto: Widiyartono R.

Baca juga Menikmati Kuliner Kampung Jawi Semarang, Uang Tunai Tidak Berlaku di Sini

Bukan hanya pemandangan alam seperti Waduk Jatibarang dan Gua Kreo. Pelaku pariwisata di Kandri pun sudah siap dengan paket-paket untuk para wisatawan.

Di Kandri wisatawan bisa menikmati atraksi yang cukup komplet dan menarik. Misalnya di Gua Kreo menyaksikan kera berebut makanan dengan cara semacam “panjat pinang”. Menarik, bagaimana monyet-monyet itu dengan kerampilannya memanjat dan meraih makanan yang tersedia.