Rombongan wartawan PWI Jateng yang berjumlah sekitar 50 orang yang ikut dalam acara bertajuk Village Tour HPN 2023 di Semarang itu pun, menikmati bagaimana sensasi menginap di home stay. Lebih dari 20 home stay disediakan untuk melayaninya.

Satu di antaranya adalah home stay milik Ibu Sarwanti. Di sini tersedia dua kamar untuk wisatawan, masing-masing kamar bisa digunakan dua orang. “Saya tinggal di rumah hanya berdua dengan bapak. Anak-anak sudah tinggal sendiri-sendiri satu di Semarang yang satu lagi di Kandangan Temanggung,” kata Sarwanti.

Saya mendapat informasi tentang home stay Ibu Sarwanti dari Agus Kariswanto, Sub Koordinator Informasi Budaya dan Pariwisata Disbupar Kota Semarang. “Saya pernah menginap di sana, wifi-nya kenceng,” kata lelaki yang akrab dengan panggilan Kariswisata ini.

blank
Bu Sarwanti pun sibuk menyediakan sesuatu, sementara tamu menikmati makan pagi yang disediakan. Foto: Widiyartono R

Sebagai wartawan yang kerjanya tidak kenal waktu dan butuh jaringan internet setiap saat, home stay ini adalah pilihan tepat. Dan benar, wifi-nya memang kenceng banget. Bukan cuma wifi-nya, pemilik rumah juga sangat ramah.

Selain itu, kamarnya juga bersih, ada tevenya di dinding, ya seperti kamar hotel lah. Hanya saja in ikan rumah, kamar mandinya di luar. Tetapi kamar mandinya juga bersih dengan kloset duduk yang memang menjadi standar homes stay.

Begitu kami datang, langsung disambut dengan sapaan yang ramah, dipersilakan masuk, dan langsung ditanya, “Mau minum apa?”

Menurutnya, hal ini merupakan standar layanan yang harus dilakukan. Tamu bisa memilih meinuman yang disukai, teh, kopi, atau mungkin kopi susu.