Ilustrasi minum kopi saat sahur berbahaya untuk kesehatan. Foto: Dok/SehatQ

Beberapa orang pun merasakan kelelahan saat tubuhnya tidak mendapatkan kafein untuk pertama kalinya. Kurang semangat ini pun dipicu oleh mood yang tidak baik. Hal ini disebabkan kafein akan memaksa tubuh untuk meminta lagi dan lagi saat sudah rutin dikonsumsi.

Selama berpuasa, kamu disarankan untuk mengatur jadwal tidur agar dapat menjalani hari-hari tanpa kantuk. Kamu sebaiknya tidur pukul 9 malam dan bangun saat sahur. Memperbaiki pola tidur dapat membantu menggantikan efek kopi.

Cara menghilangkan gejala putus kafein saat puasa

Selama menjalani puasa, tubuh harus beradaptasi kembali dengan kebiasaan tidak minum kopi. Kamu bisa mengurangi bahkan menghilangkan gejala yang muncul dengan melakukan beberapa langkah:

1. Mengurangi asupan secara perlahan

Jika menghentikannya secara langsung menimbulkan gejala pada tubuh, cobalah lakukan secara perlahan. Cobalah untuk mengurangi satu gelas kopi atau teh setiap harinya. Jika kamu terbiasa minum 3 cangkir dalam sehari bisa menguranginya menjadi 2 cangkir dalam kurun waktu dua atau tiga hari.

2. Minumlah sehabis berbuka

Bukan berbuka dengan kopi, melainkan setelah makan besar seperti nasi, lauk, dan sayur barulah kamu meminum kopi. Kopi tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong karena akan meningkatkan asam lambung dan berisiko memicu penyakit lambung seperti GERD, dispepsia, dan lambung.

3. Minum kopi dengan minim kafein

Saatnya juga untuk mengganti kopi dengan jenis yang minim kafein (decaf). Kadar kafein dalam kopi decaf sudah dihilangkan hingga 98 persen. Karena kadar kafeinnya sangat minim, kamu mungkin tidak akan merasakan sensasi yang sama saat meminumnya.

4. Terhidrasi dengan baik

Selama puasa, tubuh butuh asupan air yang sangat banyak. Untuk itu, pastikan kamu tetap meminum air putih dalam jumlah yang tepat. Berbukalah dengan dua gelas air putih, selingi dengan minum kopi, lalu lanjutkan dengan dua gelas air lagi. Sebelum tidur dan saat sahur, pastikan kamu juga mendapatkan masing-masing dua gelas air. Cukupi kebutuhan air putih 8 gelas per hari

5. Tidur yang cukup

Pengganti kafein yang paling tepat adalah tidur cukup. Pastikan kamu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Mempertahankan pola ini akan membuat kamu lebih segar selama puasa.

Ning S