blank
Ilustrasi minum kopi saat sahur berbahaya untuk kesehatan. Foto: Dok/SehatQ

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Benarkah minum kopi pada saat sahur berbahaya untuk kesehatan?

Minum kopi saat sahur tidak disarankan. Kamu sebaiknya mengkonsumsi makanan bergizi dan air putih yang cukup ketika sahur.

Rasa lemas dan mengantuk saat puasa dapat diatasi dengan cara lain yang lebih menyehatkan ketimbang minum kopi.

Selama puasa, banyak orang harus kembali mengubah kebiasaan dan pola aktivitas mereka. Salah satu yang sering terjadi adalah mengkonsumsi kopi setiap harinya.

Waktu untuk mengkonsumsi kopi selama puasa hanya dari berbuka hingga imsak. Lalu, apakah minum kopi saat sahur bisa memunculkan efek pada tubuh?

Bolehkah minum kopi saat sahur selama bulan puasa

Dilansir dari SehatQ, kamu tidak disarankan minum kopi saat sahur. Kopi bersifat diuretik atau mengeluarkan cairan dari tubuh sehingga dikhawatirkan akan menyebabkan dehidrasi bila kamu minum kopi saat sahur.

Jumlah kafein yang disarankan dalam satu hari hanyalah 400 mg atau sekitar 4-5 cangkir sehari. Bila kamu sulit mengubah kebiasaan minum kopi, maka kamu dapat mengkonsumsinya saat berbuka atau setelah makan besar, namun cukup 1 cangkir saja.

Jika ingin tetap meminum kopi, tunggulah sekitar dua jam atau setelah kamu mengkonsumsi makanan berbuka. Cara ini juga bisa menjaga kamu tidak langsung tertidur setelah menyantap makanan berbuka.

Akibat mengurangi konsumsi kopi tiba-tiba

Kopi mengandung kafein yang sebenarnya punya segudang manfaat. Kafein bisa meningkatkan kerja otak dan menjaga kesehatan otak. Selain itu, kafein juga akan membantu tubuh untuk mengganti sel yang rusak. Namun, menghilangkan asupan kafein secara tiba-tiba juga akan berdampak buruk untuk tubuh.

Seseorang yang terbiasa mengkonsumsi kafein dari kopi atau teh akan merasa sakit kepala saat kehilangan asupan tersebut. Di samping itu, rasa cemas dan menurunnya konsentrasi akan dirasakan jika kamu mengurangi konsumsi kafein dengan drastis.