blank
Santri TPQ Al Mujahidin Perum Purnamandala Bumireso Wonosobo yang akan khataman pawai naik delman. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sejumlah santri TPQ Al Mujahidin Perum Purnamandala Bumireso, Wonosobo, Sabtu (11/3/2023), siang tadi menggelar pawai keliling komplek perumahan hingga ke Kampung Brokoh Pancurwening.

Pawai dilakukan guna memeriahkan sekaligus menyambut acara “Haflah Khotmi Yanbu’il Quran dan Khotmil Quran ke-V Tahun 2023” yang akan berlangsung besok, Ahad (12/3) di halaman Masjid Baitul Mujahidin setempat.

Santri yang akan mengikuti Khotmi Yanbu’il Quran naik delman dan santri lainnya serta wali santri mengikuti pawai jalan kaki di belakangnya. Pawai santri juga dimeriahkan dengan Musik Angklung. Sepanjang perjalanan, pawai mendapatkan perhatian warga setempat.

Sejumlah santri yang ikut pawai membawa poster bertuliskan “Ayo Ngaji”, “Ilmu Tanpa Amal Laksana Pohon Tanpa Buah”, “Carilah Ilmu Sejak Bayi Hingga ke Liang Lahat”, “Kunci Surga Adalah Shalat” dan “Saling Menyayangi, Barang Siapa Tidak Menyayangi Maka Ia Tidak Disayangi”.

7 Santri

blank
Para santri TPQ Al Mujahidin Perum Purnamandala Bumireso Wonosobo saat mengikuti pawai. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepala TPQ Al Mujahidin Perum Purnamandala, Evi Jauhoratun Nafisah mengatakan ada 7 santri yang akan mengikuti prosesi “Khotmi Yanbu’il Quran”. Mereka terdiri 3 santri putri dan 4 santri putra yang telah khatam baca tulis Al Quran metode Yanbua.

Adapun santri putra yang akan mengikuti Khotmi Yanbu’il Quran, yakni Bagas Dzulfikar Putra bin Muharno Zarka, Hafidho Damar Maulana bin Yahman, Arif Maulana Aji bin Jamil dan Alfariq Sunandiara Ardhi bin Ardi Winarto.

Sedang santri putri yang juga akan melakukan Khotmi Yanbu’il Quran, meliputi : Dafi Kirani binti M Amin, Zahra Atin Ratu Kencana binti Guntur Duar Lagitaba dan Kaamiliyya Muaikib Permadi binti Pitoyo Permadi.

“Pawai Khotmi Yanbu’il Quran dilakukan santri guna untuk syiar Islam menjelang bulan ramadan. Selain itu, juga sebagai upaya memberikan semangat pada anak-anak untuk rajin mengaji di waktu yang akan datang,” ujar Bu Evi.

Muharno Zarka