blank

Oleh: Hendry Ch Bangun

blankAPA yang kamu bawa pulang dari Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan? Pasti bermacam-macam jawabannya. Namun yang terpenting bagi semua adalah silaturahmi. Yang lain, nomer dua.

Bisa berjumpa, tatap muka dengan teman seprofesi yang barangkali dalam setahun ini hanya bercakap-cakap melalui media sosial, khususnya mereka yang memiliki tempat tinggal berjauhan.

Bisa bertemu dengan senior-senior yang menjadi panutan dan telah lama dikenal karena kiprah di dunia jurnalistik. Berjabat tangan dengan orang yang kita kagumi, orang yang telah memberi sumbangsih dalam karier atau profesi, dan lainnya.
Silaturahmi bukan hanya memperpanjang umur, tetapi juga melancarkan rezeki, begitulah tuntunan agama.

Selama di Medan sangatlah terasa nikmat. Gembira rasanya bisa berbincang tak kenal waktu, baik di warung kopi, di lobi hotel, di tempat seminar dan di tempat diskusi. Atau di tempat makan durian, yang dalam hal ini, tidak ada duanya di penjuru Indonesia.

Saya memperkirakan 100 persen peserta HPN dan penggembiranya, mencicipi durian selama berada di Ibukota Sumatera Utara ini. Presiden mengundang beberapa wartawan dan pimpinan media ke pusat makan durian Bolang, untuk mengetahui persoalan yang dihadapi pers.

Astra International mengundang wartawan senior, anggota Forum Pemred dan orang pers bersilaturahmi dan mencicipi durian di golf club dekat Lanud Suwondo. Dewan Kehormatan PWI Sumut melakukan diskusi dengan DK Provinsi, diakhiri dengan makan durian. Begitu pula Ketua PWI Riau mengundang rekan sejawatnya untuk pesta durian. Ini semuanya gratis, tinggal ambil bijinya, dan dicicipi.