Aksi Bersih Pantai Upaya Bangkitkan Kesadaran Kolektif Tangani Sampah.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Ketua Destinasi Desa Wisata Pantai Pulo Swalan, Gunadi mimpin kegiatan bersih pantai atau coastal clean up, di kawasan pantai Pulo Swalan Desa Pasar Banggi, Rembang Minggu (12/2/2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda Program Kolaborasi KKN Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara.

Mahasiswa KKN Unisnu Jepara gelar Aksi Bersih sampah di Pantai Swalan Rembang.

“Kegiatan ini merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai kita agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain,” kata Gunadi.

Pulo Swalan adalah Destinasi Wisata dan termasuk area konservasi karang laut dangkal yang dimiliki Kabupaten Rembang. Berdasarkan hasil analisis data pemantauan, sampah yang paling banyak dijumpai dan memiliki kepadatan tertinggi dari semua lokasi pada tahun 2021 berasal dari jenis plastik sebesar 44%.

Lebih lanjut, Gunadi menegaskan upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan Kolektif.

Gunadi juga menyampaikan bahwa sampah yang bermuara di pesisir dan laut ini sekitar 80% berasal dari daratan. Sampah plastik yang dijumpai di suatu lokasi pesisir dan laut juga bersifat lintas batas wilayah administrasi (trans-boundaries), yang dapat berpindah dari satu wilayah pesisir ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut.

“Oleh karena itu, dalam penanganannya harus menyeluruh hulu-hilir, dengan kerja-kerja pentahelix, dan kerja kolaborasi yang sifatnya kolektif,” ujar Gunadi

Semangat sinergi dan kolaborasi ini pun ditinjukkan Kelompok 2 KKN UNISNU Jepara, dimana pelaksanaan kegiatan ini juga melibatkan pengelola destinasi, pemuda dan Nelayan setempat.

Hery Iswanto Kordinator Kegiatan KKN menuturkan bahwa keterlibata teman-teman mahasiswa diharapkan bisa menjadi pendorong dan penyemangat warga sekitar dalam upaya menjaga dan merawat aset alam yang dipunya.

“Kami hanya beberapa hari disini, selanjutnya masyarat lokallah yang akan mejaganya” tuturnya

Selain di Bersih Pantai Tim KKN UNISNU Jepara akan membuat media promosi Destinasi Desa Wisata Pasar Banggi. Melalui Platform Media Sosial dan Liflet supaya masyarakat tahu dan berkunjung ke Pantai Pulo Swalan

Adapun jumlah sampah yang dikumpulkan dari kegiatan aksi bersih pantai Ini tekumpul 10 Trasback penuh. Sekitara 10Okg sampah yang didominasi sampah Plastik

Turut membantu dalam kegiatan ini dari Dinas Lingkungam Hidup (DLH) Rembang. Kordinasi Prapelaksana dan difasilitasi alat Kebersiahan dari DLH Rembang.

ua/denhasan