blank
Ilustrasi buah rambutan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah rambutan merupakan salah satu jenis buah yang mampu tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Buah ini memiliki kulit berwarna merah ketika sudah matang. Kulit buah ini juga memiliki semacam rambut dengan panjang kurang lebih 1 cm.

Dilansir dari Suara.com saat musim panen, buah ini sangat banyak dijual di pinggiran jalan dan juga toko-toko buah. Rasanya yang manis membuat buah ini laris manis dipasaran.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur, Empat Manfaat Camping bagi Kesehatan

Selain rasanya yang manis, buah rambutan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir oleh alodokter.com berikut adalah manfaat buah rambutan bagi kesehatan.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Salah satu buah yang mengandung banyak serat adalah buah rambutan. Kandungan serat dalam buah ini memiliki manfaat yang cukup baik untuk melancarkan pencernaan dan melancarkan proses BAB.

Mengkonsumsi buah ini secara rutin akan membuat kebutuhan serat dalam tubuh menjadi tercukupi. Dengan demikian, akan menghindarkan kita dari sembelit atau konstipasi.

Baca Juga: Sering Dilewatkan, Tiga Manfaat Kulit Bawang Bagi Kesehatan

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Setelah melewati badai pandemi virus corona, masyarakat semakin menyadari akan pentingnya menjaga imun tubuh.

Mengkonsumsi rambutan bisa dijadikan pilihan untuk kita meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh kita lebih kuat dalam melawan virus dan penyakit lainnya.

Dalam rambutan terkandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin A serta antioksidan juga terkandung dalam buah ini. Itulah mengapa buah rambutan memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Selain Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Empat Dampak Radiasi Ponsel Pada kesehatan Tubuh

3. Menjaga kesehatan jantung

Adanya kalium dalam buah rambutan membuat buah ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium memiliki peran dalam menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

Antioksidan dalam rambutan juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan, sehingga mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

4. Membantu menurunkan berat badan

Buah rambutan sangat bagus dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani program diet. Mengkonsumsi buah rambutan dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, sehingga menurunkan nafsu makan.

Baca Juga: Tiga Manfaat Memelihara Kucing yang Baik untuk Kesehatan

5. Menjaga kesehatan tulang

Buah-buahan yang mengandung kalsium dan kalium cukup tinggi seperti rambutan, memiliki manfaat untuk mencegah menurunnya kesehatan dan kekuatan tulang akibat usia yang terus bertambah.

Itulah lima manfaat buah rambutan untuk kesehatan yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat!

Claudia