blank
ilustrasi anak bermain ponsel. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Smartphone merupakan salah satu perangkat yang saat ini wajib dimiliki oleh sebagian besar orang. Perangkat elektronik ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio.

Manfaat smartphone dalam kehidupan sehari-hari sangatlah besar. Ponsel banyak digunakan sebagai media komunikasi, informasi, hiburan dan juga sebagai penunjang pekerjaan.

Dilansir dari Suara.com, terlepas dari semua manfaat yang dimilikinya, ternyata smartphone juga memiliki sisi gelap. Ponsel memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh seseorang.

Baca Juga: Tiga Manfaat Memelihara Kucing yang Baik untuk Kesehatan

Dampak buruk ini disebabkan oleh gelombang radiasi yang dipancarkan oleh ponsel ke segala arah termasuk tubuh seseorang. Dilansir dari alodokter.com berikut adalah 4 dampak radiasi ponsel terhadap kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan risiko munculnya kanker

Sebenenarnya sampai saat ini masih terjadi kontroversial antara keterkaitan kanker dengan radiasi ponsel. Belum ada bukti yang cukup kuat untuk membuktikan kebenaran tentang hal ini.

Untuk itu masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran akan hal ini. Meski demikian, sebaiknya kita tetap waspasa. Karena pada dasarnya radiasi memang memberikan dampak yang tidak baik.

Baca Juga: Selain Menjaga Kesehatan Jantung, Empat Manfaat Lobak Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin

Disarankan untuk menggunakan handsfree atau headset saat ibu hamil sedang telepon. Selain itu, sebaiknya ibu hamil juga tidak meletakkan ponsel di atas perutnya.

Meskipun belum ada penelitian yang lebih mendalam mengenai hal ini. Namun sebagai langkah pencegahan, sebaiknya ibu hamil lebih waspada dan lebih berhati-hati dalam menggunakan ponsel.

3. Mempengaruhi tumbuh kembang anak

Risiko dampak radiasi ponsel akan meningkat pada anak-anak, sehingga risiko gangguan kesehatan yang akan timbul juga semakin besar.

Baca Juga: Lima Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Hal ini disebabkan karena sistem saraf anak-anak masih dalam tahap berkembang dan lebih rentan terhadap efek gelombang elektromagnetik.

4. Menurunkan tingkat kesuburan pria

Masalah ini juga belum dilakukan penelitian yang lebih mendalam, sehingga pernyataan ini masih berupa dugaan. Meski begitu, tak ada salahnya kita untuk tetap waspada akan hal ini.

Dugaan ini muncul akibat kebiasaan seorang pria yang sering mengantongi ponsel di saku celana. Dengan begitu, ada kemungkinan sperma akan terpapar radiasi ponsel sehingga berdampak pada menurunnya tingkat kesuburan.

Itulah 4 dampak radiasi ponsel yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Claudia