blank
Ilustrasi Camping. FOto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Camping merupakan aktivitas outdoor yang sangat menyenangkan bila dilakukan di area terbuka bersama dengan keluarga ataupun orang-orang terdekat, seperti dilansir dari Suara.com pada Senin (16/01/2023).

Tidak hanya untuk bersenang-senang saja, camping atau berkemah juga mempunyai manfaat bagi kesehatan fisik dan juga mental, lho. Merangkum dari Halodoc, Sehatq dan Guesehat, berikut ini adalah beberapa manfaat camping untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur di luar ruangan dan juga di bawah bintang-bintang, tidak hanya terkesan indah saja lho. Hal ini ternyata juga baik sekali untuk kesehatan. Hal ini diyakini bisa membantu untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang, sehingga dapat membantu menurunkan tingkat stres serta baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Sering Dilewatkan, Tiga Manfaat Kulit Bawang Bagi Kesehatan

2. Menjaga kesehatan mental

Manfaat camping bagi kesehatan mental juga tidak bisa diremehkan. Ketika berkemah, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk bersosialisasi dengan orang lain dan juga lebih dekat dengan alam. Ini dapat membuat kamu menjadi lebih rileks dan juga bahagia yang berpengaruh pada kondisi psikis kamu.

3. Menghirup udara segar

Manfaat selanjutnya dari camping atau berkemah adalah kamu bisa menghirup udara yang masih segar. Para Ahli mengatakan bahwa udara yang ada di dalam ruangan seringkali mengandung lebih banyak polusi daripada di udara luar. Para ahli juga merekomendasikan supaya sering-sering membuka jendela serta membuat ventilasi udara yang baik di rumah.

Daerah yang mempunyai banyak pohon dan juga tumbuhan memiliki konsentrasi oksigen yang lebih tinggi. Oleh karena itu, berkemah di hutan bisa membantu untuk memperlancar sistem pernafasan dan juga merelaksasi diri.

Baca Juga: Selain Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Empat Dampak Radiasi Ponsel Pada kesehatan Tubuh

4. Mengurangi penggunaan gadget

Ketika kamu berada di rumah, tidak jarang semua anggota keluarga akan sibuk dengan gadget masing-masing. Dengan pergi camping atau berkemah, ini dapat mengurangi kamu dan juga keluarga dari penggunaan gadget.

Selain bisa kembali mendekatkan kembali hubungan sosial, mengurangi penggunaan gadget juga dapat meningkatkan kesehatan mata, serta membuat kamu menjadi lebih rileks karena fokus ke lingkungan sekitar.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat camping atau berkemah untuk kesehatan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Claudia