blank
Ilustrasi perayaan ilmek. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Perayaan Tahun Baru Cina atau Tahun Baru Imlek 2023 tinggal menghitung hari. Perayaan satu ini menjadi salah satu momen yang sangat dinantikan bagi banyak orang, khususnya masyarakat keturunan Tionghoa.

Biasanya, pada perayaan Tahun Baru Imlek, terdapat berbagai rangkaian acara yang dipersiapkan mulai dari berdoa, makan bersama, dan lain-lain.

Dilansir dari Suara.com, dalam menyambut Tahun Baru Imlek, biasanya terdapat berbagai hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut hari bahagia ini. Lantas apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut Tahun Baru Imlek?

Baca Juga: Jelang Imlek, Hotel Neo Candi Simpang Lima Semarang Hadirkan Lunar New Year Package Promo

Melansir Huffpost, berikut terdapat berbagai hal yang dapat disiapkan dalam menyambut Tahun Baru Imlek.

1. Membeli berbagai baju dan sepatu baru

Dalam menyambut Tahun Baru Imlek, beberapa orang biasanya akan menyiapkan penampilan terbaiknya. Mereka yang merayakan akan membeli baju hingga sepatu baru. Baju dan sepatu yang dibeli juga biasanya dipenuhi dengan warna merah dan emas yang identik dengan perayaan Imlek.

2. Cukur rambut

Rambut juga menjadi hal yang diperhatikan dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Oleh sebab itu, beberapa orang akan bercukur rambut agar terlihat lebih rapi. Namun, diusahakan selama 1 bulan setelahnya agar tidak memotong rambut lagi. Hal ini karena itu dinilai memotong kemakmuran.

Baca Juga: Bukan Cuma Kue Keranjang, Ini 3 Makanan Khas Imlek yang Wajib Ada

3. Memberikan paket merah

Bagi orang yang sudah menikah atau seorang bos, mereka harus menimbun uang kertas dalam paket merah bernama “lai see” dan bersujud di hadapannya. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk kemurahan hati.

Setelahnya, diusahakan untuk tidak ragu membagikannya kepada rekan atau staf. Namun, jangan memberikan dengan jumlah yang terdapat angka 4. Hal tersebut dipercaya dapat menimbulkan kesialan.

4. Memasang petasan

Pada Tahun Baru Imlek juga identik dengan suara petasan. Memasang petasan dipercaya dapat menakuti roh jahat serta para penjahat di sekitar rumah. Selain itu, bisa juga menikmati suara kembang api dengan melihat pertunjukkan Barongsai.

Baca Juga: Jelang Perayaan Imlek, Simak Sejarah dan Makna Warna Merah Pada Lampion Merah

5. Membersihkan rumah

Membersihkan rumah menjadi hal yang biasa dilakukan sebelum Tahun Baru Imlek. Dengan membersihkan rumah, ini dipercaya dapat menghilangkan kesialan.

6. Hiasi rumah dengan warna cerah

Tahun Baru Imlek biasa identik dengan warna-warna cerah. Tidak hanya di toko atau pinggir jalan, pada setiap rumah juga dapat dihias dengan warna cerah. Biasanya warna yang dipilih identik dengan emas dan merah. Hal ini karena warna cerah dan meriah dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.

7. Berkumpul bersama keluarga dan beri rasa hormat

Pada perayaan Tahun Baru Imlek, penting untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, beberapa juga melakukan persembahan di Kuil kepada para Dewa dan leluhur. Menghabiskan waktu bersama keluarga dapat memberikan kebaikan saat Tahun Baru Imlek.

8. Banyak makan makanan yang membawa keberuntungan

Pada perayaan Tahun Baru Imlek, akan terdapat berbagai macam makanan yang disiapkan. Beberapa makanan yang ada pada Tahun Baru Imlek juga dipercaya membawa keberuntungan. Beberapa makanan tersebut seperti ikan, ayam, babi panggang, pangsit, kue beras, dan lain-lain.