blank
Ombak setinggi 2,5 meter yang berada tepat di belakang rumah menerjang tepat di belakang dan samping rumah Supriyadi hingga ombrol (Foto: Hadepe)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Beruntung  Supriyadi, (42) nelayan yang tinggal di Kelurahan Ujungbatu RT 15 RW 04 Kec. Jepara masih sempat menyelamatkan diri bersama istri dan 4 anaknya yang masih kecil saat gelombang besar menerjang rumahnya Selasa (27/12-2022) menjelang subuh.

Ombak setinggi 2,5 meter yang berada tepat di belakang rumah menerjang tepat di belakang dan samping rumah hingga ombrol.   “Beruntung tidak ada korban jiwa, sebab  pemilik rumah langsung menyelamatkan diri pada saat mendengar suara gemuruh ombak,” ujar Kepala Kelurahan Ujungbatu Sri Rejeki, SE, MM. Kerugian ditaksir mencapai Rp. 25 juta, tambahnya.

Selasa siang ini tim dari PMI Jepara, BPBD dan Disospermades telah mengunjungi Supriyadi dan menyerahkan bantuan dengan didampingi Kepala Kelurahan Ujungbatu Sri Rejeki.

blank
Penyerahan bantuan dari PMI, BPBD dan Disospermades kepada Supriyadi diakukan oleh Kepala Kelurahan Ujungbatu, Sri Rejeki

Ia juga menjelaskan kini  Supriyadi bersama istrinya Anik Setiyowati  dan empat anaknya yaitu Feri Rivaldi, Eta Adika Ibrahim, Muhamad Irfansah dan  Muhamad Elfiano mengungsi ke rumah tetangga. Namun rencananya  Supriyadi beserta istri dan anaknya akan mengungsi ke rumah orang tuanya yang juga tinggal di kelurahan yang sama.

blank
Pemdes Sumanding bersama masyarakat bergotong royong memindahkan tanah longsoran, membuatkan saluran air pembuangan (Foto: Hadepe)

Sementara dari Desa Sumanding dilaporkan hujan dengan  intensitas tinggi mengguyur Desa Sumanding selama seminggu terakhir mengakibatkan talud miliki Suroso ambrol dan menimpa  menimpa dinding rumah Paimin yang tinggal di RT.07 RW.02 Desa Sumanding Kec. Kembang Kab. Jepara. Kerugian ditaksir mencapai Rp. 40 juta.

blank
Ketua Markas PMI Jepara Rosiana sedang menyerahkan bantuan dari PMI Cabang Jepara  kepada Ny Turinah (Foto: Hadepe)

“Pemdes Sumanding bersama masyarakat bergotong royong memindahkan tanah longsoran, membuatkan saluran air pembuangan, dan membersihkan lokasi kejadian,” ujar Petinggi Sumanding Afif Fatkhur Rohman.

Sedangkan hujan disertai angin puting beliung yang terjadi  di Desa Dongos Selasa menjelang subuh, telah merobohkan pohon dan menimpa rumah Turinah yang terletak di  RT 04 RW 03 kec. Kedung Kab. Jepara. PMI Cabang Jepara, Disosperades dan BPBD telah mengunjungi korban dan menyerahkan bantuan.

Hadepe