blank
Tim Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto melakukan penabdian masyarakat di Desa Adiluhur Kecamatan Adimulyo,Kebumen, baru-baru ini.(Foto:SB/Humas ITTP)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 30 perempuan Kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) SALUR di Desa Wisata Adiluhur, Kecamatan Adimulyo, Kebumen, memperoleh pendampingan pemberdayaan perempuan dari Tim Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

Kegiatan berteman Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) telah memasuki tahun kedua ini berfokus pada Pemberdayaan dan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Masyarakat Desa Wisata Adiluhur Melalui Pengembangan Agrowisata Berbahasa Inggris.

Pengabdian berlangsung dari Maret- Desember 2022 ini diinisiasi tim Dosen ITTP dengan Ketua Novanda Alim Setya Nugraha SS MHum, dan tiga dosen Siti Khomsah Skom MCs, Rima Dias Ramadhani SKom MKom, dan Dr Tri Ginanjar L SKom MCS MKom.

Kegiatan tersebut juga melibatkan tiga orang mahasiswa ITTP, Bernardus Tegar Hermawan, Reza Iqbal Pramudya, dan Andre Citro Febriliyan Lanyak.

blank
Kelompok perempuan Desa Adiluhur Adimulyo Kebumen bersama para dosen ITTP.(Foto:SB/Humas ITTP)

Desa Wisata Adiluhur menjadi tempat implementasi kegiatan Pengabdian Masyarakat karena desa wisata tersebut telah menjalin MoU dengan Kampus ITTP sejak 2018. ITTP berperan sebagai perguruan tinggi mitra yang ikut serta dalam kegiatan persiapan lomba Gelar Desa Wisata Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2019 sehingga berhasil meraih Juara 1 sebagai Desa Wisata Terbaik se Jawa Tengah.

Mendapat Pelatihan SDM

Dalam implementasi program PPDM yang didominasi kaum perempuan yang tergabung dalam kelompok P2L, ibu-ibu mendapat berbagai pelatihan seperti penguatan kapasitas SDM, kewirausahaan mandiri, pembuatan produk minuman berbahan baku telang yang banyak ditemukan di Desa Wisata Adiluhur, hingga pelatihan pemasaran produk melalui media sosial.

“Kegiatan kami juga tak lepas dari dukungan Pemerintah Desa Adiluhur dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen yang senantiasa konsisten mengawal,”jelas Novanda, selaku Ketua kegiatan.

Dalam kegiatan in menghasilkan keluaran Jurnal Pengabdian Masyarakat, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) berupa Buku Ajar Berbahasa Inggris, Video Kegiatan, Buku Monograf hasil Pengabdian Masyarakat, serta liputan berita yang dimuat di media cetak maupun online.

PPDM di tahun kedua harapannya terus berkelanjutan. Beberapa kegiatan hibah baik internal maupun eksternal kampus juga terus digulirkan. Pada 2022 ini selain pendanaan hibah internal kampus ITTP, Desa Wisata Adiluhur juga memperoleh skema hibah eksternal dari CSR Telkom berupa kegiatan INNOVILLAGE 2022 dengan judul kegiatan Asterdewi (Asistensi Tour Guide Desa Wisata Adiluhur).

Sedangkan pada 2023, Desa Wisata Adiluhur akan dimasukkan dalam skema hibah eksternal Matching Fund Kedaireka dan Program Kegiatan Masyarakat (PKM) skema dosen. Dengan program yang berkelanjutan, Desa Wisata Adiluhur diharapkan konsistenberinovasi dalam menjadikan desa wisata yang mandiri, maju, dan adaptif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Komper Wardopo