blank
dosen Praktisi industri Kepala Divisi 1 BUMN PT Yodyakarya Danang R.Wibowo,ST.,Msi.,M.Ars menyampaikan materi dalam Kolaborasi Mata Kuliah Aplikasi Komputer dan Gambar Struktur, baru-baru ini. (foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Jurusan Teknik Sipil Universitas Semarang mengadakan Kolaborasi Mata Kuliah Aplikasi Komputer dan Gambar Struktur, baru-baru ini.

Kegiatan menghadirkan dosen Praktisi industri Kepala Divisi 1 BUMN PT Yodyakarya Danang R.Wibowo,ST.,Msi.,M.Ars.

Menurut Danang, kurangnya pengalaman dan keterlibatan mahasiswa terhadap dunia industri kususnya dunia perencanaan dengan sofware akan menyebabkan mahasiswa seperti katak dalam tempurung dan hanya ahli dalam kandang.

blank
Para peserta foto bersama. (Foto:News Pool USM)

”Sebab kemajuan teknologi khususnya sofware untuk perancangan selalu berkembang,” kata orang nomor satu dikonsultan perencana Yodya Karya.

Dia mengatakan, perlu ada ilmu baru dari industri. Selain itu juga perlu adanya kenyataan bahwa kita telah mengetahui gelombang revolusi akan ditandai oleh digitalisasi.

”Dalam bidang teknik sipil CAD,Revit,Civil 3D,Cubicost merupakan produk perancangan gambar secara cepat dan mudah,serta memiliki kecepatan tinggi,” ungkapnya.

Dosen Pengampu Ngudi Hari Crista,ST,MT,IPM mengatakan, tujuan kolaborasi ini selain tindaklanjut kerja sama antara jurusan Teknik Sipil dan PT Yodya Karya, juga memberikan gambaran dan ilmu secara langsung di dunia industri.

”Saya kira cukup penting kerja sama kolaborasi industri ini diteruskan dengan pemberian ilmu praktik sofware terbaru untuk diajarkan di Teknik Sipil USM, sehingga lulusan kami dapat siap pakai di dunia luar,” ujarnya.

Muhaimin