blank
Ilustrasi berpergian. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Liburan ke tempat yang menyenangkan menjelang perayaan natal dan tahun baru memang menjadi andalan bagi semua orang.

Dilansir dari Suara.com, karena selain melepaskan rutinitas yang membelenggu, berlibur juga dapat meningkatkan gairah hidup serta mempererat hubungan dengan orang-orang yang tercinta.

Nah, agar liburanmu dapat berjalan dengan baik, kamu perlu menyiapkan segenap perencanaan yang matang terlebih dahulu. Tak usah khawatir, berikut adalah 5 tips yang dapat kami terapkan saat ingin liburan akhir tahun, apa saja? Simak penjelasannya!

Baca Juga: Delapan Rekomendasi Liburan Hemat Saat Akhir Tahun

1. Sesuai dengan budget perjalanan

Seperti yang kita ketahui, melaksanakan liburan bisa menjadi momen paling membahagiakan sekaligus dapat melepaskan stres serta letih dari rutinitas yang cukup menjemukan.

Tetapi, jika liburan menyenangkan terhalang dengan budget yang pas-pasan, sehingga luput memperhatikan biaya tak terduga. Kamu dan orang terkasih tandas akan mendapatkan pengalaman liburan yang justru tidak mengenakkan.

Oleh sebab itu, kamu perlu merencanakan ulang destinasi liburan sesuai dengan isi kantong yang tentunya dapat menutupi segenap jenis pembiayaan.

Baca Juga: Tiga Rekomendasi Kegiatan Sederhana Saat Liburan Akhir Tahun

2. Coba pilih destinasi baru

Tujuan dari memilih destinasi yang baru ini adalah supaya kamu dapat terhindar dari tempat-tempat yang biasa ramai dikunjungi banyak orang atau bisa saja berpotensi membuatmu terjebak selama perjalanan ke sana, sehingga tak pelak, menyurutkan semangatmu untuk bisa menikmati liburan akhir tahun.

Selain itu, memilih destinasi yang liburan baru juga tandas akan menciptakan suasana dan pengalaman yang berbeda dari liburan-liburan sebelumnya.

3. Pastikan tempat yang kamu kunjungi aman

Berikutnya adalah selalu pastikan memilih tempat liburan yang aman, tips ini mesti kamu jadikan pertimbangan utama sesudah menentukan titik lokasi liburan, seperti tempat-tempat yang rentan terhadap pemalakan segelintir oknum, fasilitas yang kurang layak, maupun tempat yang berpotensi mengancam keselamatan jiwa, katakanlah, liburan di tempat-tempat pemandian alam padahal membawa anggota keluarga yang masih kecil.

Baca Juga: Liburan ke Malang? Ini Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi

Apabila kamu hendak membawa anak kecil ke tempat-tempat pemandian, selalu awasi pergerakan mereka sepanjang waktu.

Jika merasa destinasi liburan itu cukup mengkhawatirkan, sebaiknya ganti saja destinasi liburan yang jauh lebih aman, tetapi tetap mengasyikkan, seperti wahana permainan outbound yang sekaligus akan melatih pertumbuhan otot dan otak mereka.

4. Coba googling lokasi liburanmu

Tempat-tempat yang hendak kamu jadikan destinasi bersama orang terkasih, seyogyanya perlu dilakukan survei kecil-kecilan terlebih dahulu guna mendapatkan informasi-informasi yang diperlukan.

Baca Juga: Liburan Lebaran, Menjadi Rezeki Pemilik Homestay di Borobudur

Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan kepergianmu kesana dengan memantau review dari pengunjung lain, foto-foto pemandangan, track yang dilalui, hingga fasilitas yang disediakan.

5. Jagalah kesehatan

Jika semua sudah dilakukan, maka segeralah lakukan berbagai persiapan liburan yang matang, termasuk menjaga kesehatan tubuh dan menyiapkan perlengkapan obat.

Jangan sampai saat menjelang keberangkatan, tubuhmu justru mengalami kondisi yang kurang fit atau sakit yang membuatmu terpaksa membatalkan liburan.

Oleh sebab itu, pastikan kamu berolahraga secara teratur, menjaga pola tidur dengan baik, konsumsi makanan yang bergizi seimbang, dan cukupi kebutuhan asupan cairan.

Claudia