Warga RT 04 RW 01 Desa Kawedusan Kebumen menyiapkan layar lebar seadanya untuk nobar final Piala Dunia 2022 pada Minggu 18/12 malam.(Foto:SB/Warga Kawedusan Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Final Piala Dunia 2022 di Qatar menarik perhatian warga RT 04 RW 01 Desa Kaweduasan, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen.

Warga pun antusias menggelar nonton bareng (nobar) pada Minggu malam-Senin (18-19/12) dinihari. Uniknya, nobar itu digelar di pertigaan Gang Abu Bakar. Layar besar dari bekas banner dipasang di pagar warga.

Puluhan warga, pemuda dan anak-anak, termasuk Kiai Purmaludin sebagai kiai mushala setempat, sejak Pukul 22.00 duduk lesehan menyaksikan laga antara Argentina melawan Perancis. Lucunya, dua kubu pendukung tim finalis duduk bareng. Mereka rukun dan kompak duduk lesehan di atas gelaran karpet dan tikar seadanya.

Penonton lain ada yang duduk di kursi kayu dan kursi plastik sederhana. Menariknya pula, nobar lesehan itu tetap asyik dengan disuguhi camilan gorengan, teh hangat serta kacang kulit. Pendukung kedua kubu saling berteriak acap Leonel Messi dan Angel Di Maria menggocek bola mendekati kubu pertahanan Perancis.

Pendukung Les Bleus pun tak kalah semangat. Apalagi sesekali Olivier Giroud dan Kylian Mbappe berusaha menerobos pertahanan Argentina. Namun pendukung Perancis sempat dibuat waswas sepanjang babak pertama permainan nyaris dikuasai Perancis.

Sorak sorai pun pecah saat Messi berhasil membobol gawang Perancis. Demikian pula tandem Messi, de Maria ikut menambah kemenangan Perancis. Satu dua warga ada yang meninggalkan lokasi nobar, mengira Perancis sudah pasti tumbang sejak babak pertama.

Baru memasuki babak kedua, giliran pendukung Peranics mulai bersemangat. Apalagi saat Mbappe bisa menjaringkan dua gol cepat ke gawang Argentina. Para penonton tambah semangat dan tetap tekun mengikuti laga diikuti guyon, hingga pertambahan waktu 15 x 2 kedudukan 3:3, serta dilanjutkan babak adu tendangan penalti alias tos tosan untuk kemenangan4:2 Tim Tango Argentina sebagai Juara Dunia.

Ketua RT 04 RW 01 Desa Kawedusan Farida Indaryati ikut mendukung warganya menggelar nobar. Bahkan sejak babak awal beberapa kali juga menggelar nobar di teras kediaman Prasetyo, warga setempat. Kala itu sering hujan sehingga nobar digelar di teras rumah warga.

”Kami berterima kasih kepada Kades Kawedusan Bapak Aristanto yang mengizinkan kami meminjam LCD proyektor milik Pemdes untuk nobar warga,”ucap ketua RT perempuan di Kebumen yang sejak babak awal Piala Dunia 2022 menjagokan Argentina dan Perancis.

Sedangkan Prasetyo, tokoh masyarakat RT 04 Kawedusan yang memprakarsai nobar mengaku kegiatan tersebut untuk menyemarakkan gelaran Piala Dunia 2022 agar bisa dinikmati warga RT dan lingkungan. Di sisi lain nobar juga sebagai hiburan untuk meningkatkan kerukunan sesama warga setelah dilanda pandemi Covid-19.

Komper Wardopo