blank
Dua pebalap TGA, dalam satu momen di sebuah tikungan tajam, yang membuat extreme sport ini makin menarik. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Perwakilan 76 Rider, Agnes Wuisan, selaku penyelenggara Trial Game Asphalt (TGA) 2022, mengatakan, setelah dua tahun vakum karena pandemi, even ini akan kembali digelar.

Sejumlah pebalap top Tanah Air, akan turun di kelas utama FFA 250, Trial 175 Open dan Trial 175 Junior. Even TGA ini akan digelar di Sirkuit Mijen, Semarang, pada 2-3 Desember mendatang. Seri ketiga ini, akan menentukan peraih gelar juara umum dari berbagai kelas yang dipertandingkan.

Menurut dia, TGA 2022 ini, menjadi bukti nyata komitmen 76 Rider, untuk mendorong perkembangan extreme sport di Indonesia, dengan menyuguhkan kejuaraan yang berkualitas. Diharapkan, akan banyak rider baru bertalenta yang lahir dari gelaran supermoto bergengsi ini.

BACA JUGA: Pemanfaatan Limbah Mangrove untuk Peningkatan Ekonomi Warga Mangkang Wetan Semarang

”Di Indonesia banyak terdapat komunitas mototrail. Kami mencoba merangkul semua komunitas ini, dengan mengadakan kejuaraan supermoto Trial Game Asphalt. Agar mereka tidak hanya menjadi sekadar komunitas motor untuk riding, tapi juga bisa mengembangkan kemampuan yang mereka miliki,” kata Agnes dalam keterangannya di Semarang, Jumat (25/11/2022).

Disebutkan juga olehnya, even ini tidak cuma untuk menyalurkan hobi seru-seruan saja, tapi juga menjadi sarana guna menemukan profesi baru, sekaligus mengembangkan talenta.

Agnes menambahkan, lahirnya pebalap baru akan menambah keseruan dan nuansa kompetitif TGA 2022. Alfi Husni, menjadi salah satu pebalap yang berhasil mencuri perhatian, sejak gelaran seri pertama di Purwokerto.

BACA JUGA: Lembaga Pemerintah di Kabupaten Magelang Bina Karakter Pelajar

Pebalap asal Bandung, Jawa Barat ini, mengaku antusias mengikuti TGA 2022. Sebab menurutnya, persaingan yang tersaji cukup seru dan menantang, karena harus bertanding adu nyali dengan para seniornya.

”Trial Game Asphalt adalah even supermoto bergengsi, yang terlihat sangat mewah. Banyak senior saya yang dulu ikutan di road race, ikutan juga di Trial Game Asphalt ini. Setelah dengar cerita mereka saya jadi tertarik dan memutuskan ikutan. Apalagi hadiah juara umumnya cukup menggiurkan,” ujar Alfi.

Sebelumnya, pebalap bernomor start 143 ini, berhasil keluar sebagai Juara I di Seri I TGA 2022 di Purwokerto, dan Seri II di Boyolali. Unggul dengan total 97 poin, Alfi memiliki peluang besar untuk menyabet gelar juara umum TGA 2022 di kelas Trial 175 Open, mengalahkan para seniornya, seperti Andreas Lukito dan Yaasiin Somma.

BACA JUGA: Pensiun Bukan Halangan untuk Tetap Berkarya

”Saya sudah menjalani persiapan jelang seri pamungkas di Sirkuit Mijen, Semarang nanti. Selain repair mesin motor dari jauh-jauh hari, saya juga jaga kondisi tubuh, agar terus fit,” imbuh dia.

Sementara itu, kelas utama FFA 250, menjadi salah satu kelas yang paling ditunggu-tunggu para pecinta mototrail. Farudila Adam, dipastikan mengamankan posisi sebagai Juara Umum TGA untuk kelas ini.

Berada di puncak klasemen, dia berhasil menorehkan 97 poin, disusul Yaasiin Somma di posisi kedua dengan 76 poin. Adapun Lewish Cornish ada di posisi ketiga dengan 75 poin, dan Tommy Salim di posisi keempat dengan 74 poin.

BACA JUGA: Sekseskan Agenda KUPI, Aisyiah Gandeng Muslimat Tanam Pohon

”Saat di Sirkuit Mijen, Semarang nanti, saya akan lebih fokus memperoleh poin, dan menjaga keamanan saat bertanding. Kondisi fisik dan motor harus selalu prima, agar memperoleh hasil yang maksimal. Saya optimistis bisa menyabet gelar juara di seri ketiga ini, dan kembali membawa pulang gelar juara umum Trial Game Asphalt,” tegas Farudila.

TGA 2022 sebelumnya telah bergulir di dua seri, Purwokerto dan Boyolali. Sirkuit Mijen, akan menjadi tujuan akhir dan penentu juara umum kejuaraan supermoto bergengsi ini.

Para rider terlebih dahulu akan menjalani Sesi Kualifikasi pada Jumat (2/12/2022), untuk menentukan pole position. Lalu, pada Sabtu (3/12/2022), merupakan race day, yang digelar dua kali, sore dan malam hari.

Riyan