blank
Tim PkM USM dan peserta foto bersama seusai mengikuti Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Bernuansa Islami bagi Guru di SD Islam Primadana Semarang, Selasa (22/11/2022). (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian FTIK USM memberi Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Bernuansa Islami bagi Guru di SD Islam Primadana Semarang, Selasa (22/11/2022).

Tim PkM USM terdiri atas Yulinda Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd., Charis Maulana, S.Pd., M.Pd., dan M. Dliya’ Ulami’, S.Pd.I, M.Pd.I.
Kegiatan pelatihan diikuti 35 guru SD Islam Primadana Semarang.

Kepala SD Islam Primadana Semarang, Musino, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pelatihan tersebut.

”Kami berharap, pelatihan bisa bermanfaat dan membuat para guru lebih kreatif dan mudah ketika membuat soal untuk peserta didik,” kata Musino.

Sementara itu Yulinda mengatakan, Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu kewajiban dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

”Kegiatan tersebut sebagai solusi bagi pemecahan permasalahan yang ada di masyarakat,” kata Yulinda.
Sebelum pelatihan, para guru diminta untuk mengisi kuesioner pretest. Seusai pretest, dilanjutkan penyampaian materi sesi pertama oleh Yulinda Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd tentang literasi numerasi di sekolah dasar.

Menurut Yulinda, pihaknya senang karena pelatihan ini mendapat respons positif dari para guru.

”Antusiasme yang luar biasa, kami dapat melihat dari cara para guru mempersiapkan diri dan mengikuti arahan serta penjelasan dari kami, mereka juga bertanya ketika menghadapi kesulitan saat praktik,” ungkapnya.

Dia berharap, ke depan kerja sama antara pihak USM dan SD Islam Primadana Semarang dilakukan dalam bidang yang lebih luas yang bermanfaat untuk dunia pendidikan.

Sebelum pelatihan, para guru diminta untuk mengisi kuesioner pretest. Seusai pretest, dilanjutkan penyampaian materi sesi pertama oleh Yulinda Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd tentang literasi numerasi di sekolah dasar.

Selanjutnya pada sesi kedua oleh Charis Maulana, S.Pd., M.Pd. tentang penyusunan soal matematika bernuansa islami.

Pada kesempatan tersebut, para guru juga memberikan kesan dan tanggapan yang positif selama pelatihan. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.

Setelah sesi materi selesai, untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan, para guru diminta untuk mengisi kuesioner postest.

Muhaimin