blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Tiga siswa SMPN 1 Jepara memberikan persembahan istimewa untuk Kabupaten Jepara tepat pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022. Mereka meraih medali emas Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat nasional tahun 2022, jenjang SMP. Kegiatan ini digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Ketiga siswa yang tergabung dalam tim peneliti OPSI, terdiri dari Aiszha Andi Ramadhani, Fatia Charissaki Devi, dan Chantika Cahya Trisam.

“Iya, baru saja diumumkan. SMPN 1 meraih medali emas. Langsung saya laporkan kepada Bapak Pj. Bupati dan Pak Sekda,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Ali Hidayat, Jumat petang (25/11/2022).

Dalam laporan itu Ali Hidayat menyebut para siswa yang masuk dalam tim peneliti sebagai “Tiga Srikandi Bumi Kartini”. Dia mengatakan, persembahan ini merupakan kado terindah HGN dan HUT ke-77 PGRI untuk Kabupaten Jepara.

blank
Tim peneliti foto bersama Sekda Jepara menjelang presentasi tingkat nasional

Pada ajang OPSI, tim ini mempresentasikan hasil penelitian berjudul Pemanfaatan Ekstrak Daun Cincau sebagai Edible Straw Pengganti Sedotan Plastik.

Puspresnas Kemendikbud menggelar OPSI jenjang SMP pada tiga bidang. SMPN 1 Jepara ikut dalam bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa. Dua bidang lain yang dipertandingkan dalam OPSI tahun 2022 adalah IPS, Kemanusiaan, dan Budaya; serta IPA dan Lingkungan.

“Presentasi tingkat nasional yang hanya diikuti 40 tim terbaik setiap bidang ini, telah dilaksanakan kemarin. Hasilnya diumumkan tadi,” kata Ali Hidayat. Sebelumnya, tim peneliti SMPN 1 Jepara telah lolos dari babak penyisihan yang dilaksanakan pada tanggal 10 sampai 15 Oktober 2022.

Sebelum presentasi di depan juri Kemendikbud, tim SMPN 1 Jepara sempat dimotivasi Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko di ruang kerjanya pada Selasa (22/11/2022) siang.

blank
Sekda Edy Sujatmiko saat memberi motivasi kepada siswa yang tergabung dalam tim peneliti

Saat itu, tim peneliti didampingi Plt. Kepala Disdikpora Ali Hidayat, Kepala Bidang SMP Ahmad Nurrofiq, Widyaprada Ahli Muda-Subkoordinator Pengendalian Mutu SMP Wuriyanto, Kasubag Keuangan Disdikpora Rudy Perdana, Kepala SMPN 1 Jepara Basuki, dan guru pembimbing Farikhatul Mukharomah.

Aksl