blank
Tumis brokoli. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang aman untuk dimakan secara mentah. Namun, akan lebih nikmat jika Anda memasaknya terlebih dahulu, seperti ditumis. Nah, apa resep tumis brokoli andalan Anda?

Dilansir dari Suara.com, brokoli pada daranya dapat dengan mudah dimasak menggunakan berbagai cara, mulai dari dipanggang, dikukus, sampai ditumis. Salah satu tumisan brokoli yang terkenal adalah tumis brokoli bawang putih.

Tidak hanya karena kemudahan dan kelezatannya, makanan satu ini juga dikenal bagus untuk menu diet. Ini tentu tidak terlepas dari tingginya serat pada sayuran hijau tersebut. Selain untuk diet, brokoli juga bagus untuk memperbaiki masalah pencernaan hingga mempertahankan kadar gula dalam darah.

Baca Juga: Resep: Cah Sawi Putih

Hanya dengan bahan-bahan sederhana yang bisa ditemukan di dapur, Anda sudah bisa mengolah brokoli sebagai teman makan pagi, siang, atau malam! Tumis brokoli juga bisa menjadi pilihan tepat untuk sarapan karena untuk membuatnya, Anda tidak akan memakan banyak waktu.

Melalui kanal YouTube miliknya, Ade Koerniawan membagikan resep tumis brokoli bawang putih yang dapat Anda coba.

Bahan:

– 2 buah brokoli
– 1 sdm saus tiram
– 3-4 siung bawang putih
– 1 sdt kaldu jamur
– 1 sdt gula
– 1/2 sdt lada putih bubuk
– Sejumput garam

Baca Juga: Resep: Sambal Gandaria Khas Betawi

Cara membuat tumis brokoli bawang putih

1. Pertama, didihkan air untuk merebus brokoli. Jangan lupa tambahkan garam untuk mematikan kuman dan menaikkan titik didih air.
2. Setelah itu, potong-potong brokoli dengan membuang batangnya, namun sisihkan bonggolnya.
3. Selanjutnya, buang bagian luar bonggol brokoli, lalu potong-potong bagian dalamnya untuk ikut dimasak.

4. Berikutnya, masukkan brokoli (tanpa bonggolnya) ke dalam air mendidih. Sebentar saja, kurang lebih satu menit.
5. Sementara itu, tumis bawang putih yang sudah dicincang halus. Tunggu sampai berubah warna jadi kecoklatan, lalu masukkan brokoli yang sudah direbus dan juga bonggolnya. Tumis sampai tercampur rata.
6. Selanjutnya, tambahkan saus tiram, kaldu jamur, gula, lada bubuk, dan garam. Masak lagi brokoli dengan semua bahan yang sudah ditambahkan. Masak sebentar saja jangan sampai terlalu layu.
7. Makanan siap disajikan

Selain dimasak begitu saja tanpa bahan tambahan lain, Anda juga bisa mengkombinasikan brokoli dengan sayuran lain seperti wortel. Namun, jika Anda ingin membuatnya lebih menarik untuk anak-anak, tidak ada salahnya menambahkan sosis, bakso, atau jamur. Saus tiram juga bisa dijadikan opsional.

Claudia