blank
Cah sawi Putih. Foto: Tangkapan Layar Youtube Masak Maniak

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mengkonsumsi sayur merupakan hal yang perlu dibiasakan, salah satunya dapat dilakukan dengan mengreasikan olahan sawi putih. Sawi putih tinggi akan kandungan asam folat, vitamin B, C, dan K. Selain itu, sawi putih juga rendah akan kalori, loh!

Dilansir dari Suara.com pada kamis (29/9/2022), salah satu cara memasak sayuran ini yang paling mudah adalah dengan mengubahnya menjadi tumis sawi putih. Cukup dengan tambahan bahan dan bumbu sederhana seperti wortel, tomat, cabai, daun bawang, kaldu bubuk, bawang merah, dan bawang putih saja kamu sudah bisa membuatnya sendiri.

Sawi putih juga sangat cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan tambahan sambal serta taburan bawang goreng. Penasaran rasanya? Yuk coba buat sendiri dengan resep dari kanal YouTube Masak Maniak berikut!

Baca Juga: Resep: Chizu Red Velvet

Bahan:
– 1 bonggol sawi ukuran sedang
– 1 buah tomat ukuran kecil
– 2 buah cabai rawit atau sesuaikan selera
– 1 buah cabai merah
– 1 buah wortel
– 3 siung bawang merah

– 1 siung bawang putih
– 1 batang daun bawang, iris tipis
– ½ sendok teh kaldu ayam bubuk
– ½ sendok teh garam
– 1 sendok teh gula pasir
– minyak goreng

Cara membuat tumis sawi putih:
1. Pertama, potong sawi putih dengan menghilangkan bagian bonggolnya. Potong-potong menjadi bentuk persegi, cuci lalu sisihkan.
2. Selanjutnya, kupas wortel, parut kasar, lalu cuci.
3. Setelah itu, geprek bawang putih lalu cincang kasar, iris tipis bawang merah, iris serong cabai-cabaian, dan potong-potong tomat menjadi ukuran kecil.

Baca Juga: Resep Simple Martabak Mie Telur

4. Berikutnya, tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu dan tercium bau harum, lalu tambahkan cabai yang telah diiris, tumis lagi semua bahan sampai layu.
5. Setelah itu, masukkan juga parutan wortel yang sudah dicuci, tumis sampai merata dengan bumbu lalu masukkan potongan sawi putih. Masak sampai sawi putih sedikit layu.
6. Selanjutnya, tambahkan juga irisan tomat, gula pasir, kaldu bubuk, dan garam. Tumis lagi semua bahan sampai tercampur rata dan sawi semakin layu.

7. Terakhir, tambahkan irisan daun bawang, masak sebentar lalu matikan api.
8. Tumis sawi putih siap disajikan.

Saat menumis sawi putih, Anda tidak perlu menambahkan air karena nanti akan keluar langsung dari sawi putih. Sebaliknya, jangan memasak sawi putih terlalu lama supaya air tidak semakin bertambah banyak dan membuat hasil tumisan kurang maksimal.

Tumis sawi putih juga dapat dikreasikan dengan menambah bahan lain seperti telur yang diorak arik, jagung, jamur, hingga sosis. Selain itu, tumis jagung juga bisa diolah dengan kuah santan yang tidak kalah nikmat.

Claudia