blank
Ganjar memberikan semangat kepada salah satu peserta yang melewati rute Agro Jembangan, yang ada di wilayah Kabupaten Kudus. Foto: humas

KUDUS (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memberikan semangat kepada ratusan peserta gowes Sukun Tour de Muria 2022. Tepatnya, saat peserta melintas di rute King of Mountain (KoM), di tanjakan Agro Jembangan, Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Minggu (11/9/2022).

Ganjar yang sudah menunggu, mulai berteriak dan bertepuk tangan saat pesepeda pertama terlihat mendekati Agro Jembangan. Dia terus memberikan dorongan, agar pesepeda dapat menaklukkan rute yang menantang ini.

”Ayo mas, sebentar lagi finish. Ayo, ayo, di depan ada pisang,” teriak Ganjar menyemangati para pesepeda yang mulai terlihat keletihan.

BACA JUGA: Sempat Hilang, Pemetik Melinjo Meninggal di Jurang Hutan Grenggeng

Sukun Tour de Muria 2022 sendiri terbagi dari empat kelas. Yaitu Kelas Atlet atau Elite, Kelas Usia 20-40 Tahun, Kelas 40 Tahun Keatas, dan Kelas Women. Pesepeda menempuh jarak sekitar 17,8 kilometer, atau dari KM 112,8 hingga KM 134. Start dimulai dari Kantor Samsat Kabupaten Pati, dan berakhir di Terminal Colo, Kudus.

”Di even gowes Sukun Tour de Muria ini, sebenarnya saya mau ikut. Tetapi karena tangan saya belum fit, ya jadi belum bisa ikut. Saya mau lihat nanti King of Mountain-nya, juaranya kira-kira siapa, karena banyak teman-teman sepeda kemarin kasih kabar Mas Ganjar ikut tidak. Saya izin dulu, tapi saya mau nonton,” ungkap Ganjar.

Diakuinya, even ini menarik, karena memberikan banyak tantangan kepada para pesepeda. Rute KoM termasuk yang paling menantang, karena harus melewati jalan menanjak dengan kemiringan yang cukup ekstrem.

BACA JUGA: Pertunjukan Seni Tradisional dan Modern Meriahkan Tembiring Creative Fun

”Jalur King of Mountain itu tidak ringan. Maka tadi banyak kawan-kawan yang harus ambil napas dulu sejenak. Treknya cukup menantang. Memang ini didesain untuk mereka yang benar-benar latihan. Jalur yang bagus,” jelas Ganjar, usai memberikan dukungan kepada peserta.

Selain tantangan yang menarik, Ganjar menyebut, Sukun Tour de Muria dapat mendorong sport tourism di wilayah Gunung Muria. Secara keseluruhan, rute Sukun Tour de Muria sepanjang 157 kilometer ini, melintasi tiga kabupaten, Kudus, Jepara, dan Pati.

”Intinya, sport tourism-nya terus kita dorong. Terima kasih sama Pemkab Kudus dan Pabrik Sukun, yang sudah mensponsori, sehingga sekarang atlet-atlet kembali bisa mengikuti tour yang ada,” tutur dia.

BACA JUGA: Perlunya Kolaborasi Guna Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

Kegiatan ini sendiri, digelar selama dua hari. Even ini juga menjadi ajang pemanasan bagi pesepeda, yang hendak ikut Tour de Borobudur 2022.

”Ini menjadi bagian dari Road to Tour de Borobudur nanti. Mudah-mudahan ini bagian dari pemanasan kawan-kawan, untuk nanti sampai pada puncaknya di Tour de Borobudur. Terima kasih semua sudah ikut, hebat-hebat,” tukas Ganjar.

Riyan