blank
Ragam seni dan budaya ditampilkan dalam even Tembiring Creative Fun. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Semarak Tembiring Creative Fun, yang digelar di panggung kesenian Lapangan Tembiring di Kabupaten Demak, Minggu (11/9/2022), dimeriahkan berbagai grup kesenian dari berbagai komunitas.

Mereka menampilkan ragam seni dan permainan yang menarik.
Seperti penampilan dari Dejaco (Demak Jaipong Community), Senam Funky, serta Komunitas Dolaget (Dolanan Lali Gadget), yang diiringi alat musik tradional angklung dan jaranan.

Sedangkan peserta olah jasmani senam diikuti 690 orang, yang terdiri dari siswa-siswi SMA se-Kabupaten Demak dan warga masyarakat. Kelompok Dolaget menampilkan permainan estafet boneka, egrang, holahop dan menari bersama.

BACA JUGA: Perlunya Kolaborasi Guna Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

blank
Kelompok kesenian dan permainan tradisional, saat tampil di acara Tembiring Creative Fun. Foto: rudy

Dalam kegiatan ini, juga digelar ngobrol bareng bupati, serta sosialisasi barang kena cukai ilegal, dengan menghadirkan petugas bea cukai dari Semarang.

Bupati Demak, Eisti’anah, sebelumnya sudah melakukan pembukaaan acara ini, dengan ditandai pelepasan balon. Bupati didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata Endah Cahya Rini, dan beberapa pimpinan perangkat daerah lainnya.

Dalam arahannya, bupati menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu inovasi dari Dinas Pariwisata. Dia berharap, nantinya bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan dinas-dinas lain, untuk mengembangkan kegiatan ini.

BACA JUGA: Dua Juta Peserta Akan Hadiri Muktamar Muhammadiyah di Solo

”Nanti Dinas Pariwisata dapat bekerja sama dengan para pelaku UMKM dari Dindagkop atau Dinas Pertanian, guna membantu sarana prasarana untuk lebih meramaikan kegiatan,” kata Eisti.

Menurut dia, sangat dimungkinkan bisa memindahkan Pasar Krempyeng, supaya akses jalannya lebih lancar. ”Ke depannya kita bisa kembangkan, dan semua masyarakat yang butuh hiburan bisa menampilkan kemampuannya, agar warga juga dapat menikmati hiburan seperti ini,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata, Endah Cahya Rini menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan adanya gedung kesenian yang ada di Tembiring Jogo Indah, serta mengembangkan kreativitas masyarakat Kabupaten Demak.

”Kegiatan ini digelar di Gedung Kesenian Tembiring, yang sekaligus bisa dimanfaatkan para penampilan seni dan budaya. Saya harapkan, wilayah ini juga dapat bermanfaat untuk kegiatan ekonomi, agar semuanya bisa lebih sejahtera,” jelas Endah.

Rudy