blank
Ilustrasi ikan lele. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ikan lele memiliki nama latin Clarias sp, lele termasuk ikan yang sering dipilih untuk dibudidayakan karena kemampuan beradaptasinya yang baik.

Dilansir dari Suara.com, mereka dapat berkembangan dengan pesat dan hidup dimana pun. Beberapa orang bahkan berhasil membudidayakan lele hanya di dalam ember.

Ikan lele memiliki tubuh yang licin, tubuhnya memanjang tanpa sisik, memiliki kumis, dan alat penyengat berupa patil yang ada di bagian sirip dada.

Baca Juga: Empat Manfaat Brown Noise, Menjaga Kulitas Tidur Hingga Membatu Konsentrasi

Lele bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung vitamin, lemak, dan protein yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat dari mengonsumsi ikan lele yang dirangkum dari webmd.com dan healthline.com.

1. Kandungan proteinnya tinggi

Seperti ikan lainnya, lele juga mengandung kadar protein yang cukup banyak. Per 100 gram lele mengandung 13 gram protein yang dapat mencukupi 32-39% kebutuhan protein harian dengan kandungan kalori yang rendah.

Sumber proteinnya yang padat menjadikan ikan lele pelengkap protein yang baik dalam daftar menu makan. Protein memiliki peran dalam pembentukan dan perbaikan jaringan dan menjadi zat penting dalam penyusunan hormon dan enzim dalam tubuh.

Baca Juga: Lima Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan Dirumah

2. Mengandung vitamin B12

Vitamin B12 umumnya ditemukan pada produk hewani seperti seafood salah satunya ikan lele. Lele mengandung vitamin B12 yang baik untuk tubuh jika rutin dikonsumsi.

Per 100 gram ikan lele sudah dapat mencukupi asupan harian vitamin B12. Vitamin B12 menjadi nutrisi penting yang berperan untuk menghasilkan energi, proses pembentukan sel darah merah, optimalisasi fungsi saraf, hingga dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut.

3. Kalorinya rendah

Ikan lele hanya memiliki sebanyak 105 kalori saja dibandingkan ikan salmon yang memiliki lebih dari 230 kalori. Ikan lele dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai menu diet karena kalorinya yang rendah namun kandungan nutrisinya banyak.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Madu Murni Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menyembuhkan Luka

4. Kaya akan omega-3

Omega-3 termasuk dalam jenis lemak menyehatkan yang biasanya ditemui pada berbagai jenis minyak dan beragam jenis ikan. Salah satunya ada pada ikan lele dan ikan laut lain yang mengandung omega-3 lebih banyak dari makanan lainnya.

Omega-3 menjadi nutrisi yang baik untuk kesehatan saraf, otak, dan kesehatan jantung. Omega-3 juga dapat mengatasi gangguan neurologis dan mental, demensia, hingga depresi namun hal ini masih memerlukan studi lebih lanjut.

Kandungan omega-3 pada ikan lele memang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan ikan salmon. Namun ikan lele dapat menjadi pilihan untuk memenuhi nutrisi harian keluarga karena harganya lebih terjangkau dan gizinya yang lengkap.

Claudia