blank
Ilustrasi hewan peliharaan. foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Di saat pandemi seperti sekarang ini, masyarakat justru banyak yang berbondong-bondong untuk memiliki hewan peliharaan.

Banyaknya waktu yang dihabiskan di dalam rumah membuat hewan peliharaan bisa menjadi teman di kala sepi, membuat senyum di kala penat, dan memiliki lebih banyak manfaat lain.

Dilansir dari Suara.com, hewan yang biasa dipelihara pun sangatlah beragam. Mulai dari yang paling umum seperti anjing, kucing, ikan, dan burung, hingga hewan-hewan yang unik seperti ular, dan lain-lainnya. Karena kecintaannya, hewan-hewan tersebut biasanya sudah dianggap seperti keluarga.

Tak hanya sekadar hobi, memelihara hewan ternyata memiliki banyak manfaat lain. Berikut beberapa manfaat memelihara hewan di rumah.

1. Terdorong untuk melakukan aktivitas fisik

Bermain dengan hewan peliharaan adalah hal yang sangat menyenangkan. Memiliki hewan peliharaan yang punya karakter aktif dan suka bermain, akan memicu Anda untuk ikut dalam aktivitas mereka.

Dengan banyak bergerak secara tidak langsung Anda telah melakukan aktivitas fisik yang mungkin setara dengan olahraga. Hal ini tentu akan sangat bagus untuk melawan rasa mager dan menjaga kesehatan tubuh selama pandemi.

2. Menghilangkan stres

Melihat tingkah lucu hewan peliharaan, memang bisa menjadi obat yang manjur di kala pikiran sedang penat. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan hanya dari rumah saja.

Bermain dan melihat tingkah lucu hewan juga dapat menurunkan kortisol, kemudian meningkatkan kadar hormon serotonin, oksitosin, dan dopamin. Oktosin dan dopamine berperan dalam menciptakan rasa bahagia dan rileks. Semakin sering Anda bermain dengan hewan peliharaan maka besar peluang untuk terhindar dari stres.

3. Melatih diri untuk bertanggung jawab dan disiplin

Rutinitas memberi makan hingga memandikan hewan peliharaan ternyata juga memiliki manfaat yang besar bagi pemiliknya.

Apalagi bila hal ini terjadi pada anak, punya hewan peliharaan akan mendorong mereka untuk mengenal cara menyayangi hewan, belajar memberi makan, melatih rasa tanggung jawab dengan kondisi hewan, serta disiplin jadwal memandikan dan membersihkan kandangnya.

4. Mengoptimalkan kinerja otak

Memiliki hewan peliharaan, ternyata juga dapat membantu menajamkan kinerja otak untuk bekerja dan belajar. Bagaimana tidak, hanya dengan mengingat jadwal memberi makan hewan saja, sudah sangat bermanfaat terhadap fungsi kognitif otak yang melingkupi kemampuan berpikir, memecahkan masalah, mengingat, memperhatikan, seri membuat keputusan.

5. Membantu pemulihan pasca operasi

Siapa sangka ternyata memelihara hewan peliharaan juga memiliki manfaat luar biasa yaitu membantu penyembuhan pasca operasi. Keberadaan hewan peliharaan dapat menjadi teman saat sepi dan pelipur di kala lara.

Bermain dengan mereka ternyata juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Ketika pasien yang tidak didampingi hewan peliharaan justru lebih sering mengonsumsi obat pereda dibandingkan mereka yang langsung dapat kembali bahagia setelah melihat hewan peliharaannya.

Itulah lima manfaat memelihara hewan yang patut diketahui. Mulailah untuk lebih menyayangi hewan peliharaan Anda dengan memberi tanggung jawab penuh dan bermain bersama. Semoga hewan peliharaan Anda dapat selalu memberikan manfaat dan senyuman di wajah Anda.

Claudia