Ilustrasi pelayanan BPJS Kesehatan untuk masyarakat di Kabupaten Grobogan. Foto: tyaning wiedya.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial) Kesehatan Cabang Kudus mengadakan sosialisasi pengusulan terus memaksimalkan capaian Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) di Selasa 9 Agustus 2022, di Gedung Riptaloka, Setda Grobogan Purwodadi, Selasa (9/8/2022).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Agustian Fardianto mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan capaian peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK).

“BPJS Kudus menyelenggarakan sosialisasi pengusulan PBI JK melalui aplikasi Sistem Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS NG) dengan para peserta yakni operator SIKS NG Desa/Kelurahan,” kata Agustian.

Dikatakan, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJMN) pada 2024 minimal 98 persen dari total penduduk Indonesia sudah tercakup JKN.

Agustian menyatakan, Kabupaten Grobogan sudah memiliki peserta JKN yang terdaftar dan aktif sekitar 77 persen dari jumlah penduduk yang saat ini sekitar 1,4 juta jiwa.

“Kami berharap, Kabupaten Grobbogan dapat menuju minimal 98 persen seperti daerah lainnya,” kata Agustian.

Manfaat Program JKN juga sudah dinikmati masyarakat, katanya, bahkan tingkat kepuasan peserta sudah mencapai poin 86. “Hal ini juga BPJS Kesehatan mendapat dukungan dari Dinsos, Dispermades, Dinkes dan pemerintah desa,” jelas Agustian.

Mengenai Sosialisasi Sistem Kesejahteraan Sosial Next Generation ini, Agustian menjelaskan materi ini memberikan gambaran bahwa data usulan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) dapat dilakukan pergantian secara bertahap melalui aplikasi SIKS NG.