blank
Lestari Moerdijat. Foto: lmc

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tingkat kematian akibat covid-19 saat terus merangkak naik. Kelompok rentan harus segera mendapat perlindungan yang memadai. Konsistensi membangun pola adaptasi di masa pandemi, lewat peningkatan kesadaran masyarakat harus dijaga.

”Upaya adaptasi kita untuk hidup bersama covid-19 di Tanah Air ternyata belum maksimal. Jumlah kasus kembali meningkat, yang mulai berdampak pada kematian. Perlindungan terhadap kelompok rentan harus segera ditingkatkan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/7/2022).

Catatan dari Satgas Covid-19, Kamis (28/7/2022) menyebutkan, kasus covid-19 harian Indonesia berada di atas angka 6.000 selama tiga hari terakhir. Sedangkan jumlah kematian dalam tiga hari terakhir, selalu berada di atas angka 10 kasus.

BACA JUGA: Walikota Tegal Janjikan Rp 50 Juta untuk Emas Porprov

Menurut Lestari, dampak kematian yang mulai meningkat harus menjadi perhatian bersama, dengan segera menetapkan sistem perlindungan bagi kelompok rentan.

Para tenaga kesehatan dan orang dengan komorbid, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, bisa menjadi target utama perlindungan segera. Demikian pula dengan kelompok lansia dan anak-anak. Mulai Jumat (29/7/2022) pemerintah merencanakan pemberian booster kedua bagi para tenaga kesehatan.

Rerie mendorong, agar perhatian serius juga harus diberikan kepada para penyandang komorbid, lansia dan anak-anak yang belum sepenuhnya mendapat vaksin dengan dosis lengkap.

BACA JUGA: Ketua KPU Kota Tegal: Tahapan Pemilu Dimulai

Sejumlah sistem pencegahan untuk melindungi kelompok rentan, ujar anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, harus segera diberikan agar peningkatan kembali penyebaran covid-19 saat ini tidak menimbulkan dampak yang lebih parah lagi.

Upaya pencegahan penyebaran covid-19 agar tidak meluas, tegas Rerie, harus segera dilakukan. Ini mengingat, bangsa Indonesia sedang berupaya untuk bangkit dari berbagai dampak krisis global.

Rerie sangat berharap, seluruh anak bangsa dapat berperan aktif dalam berbagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Tanah Air. Hal itu agar program pemulihan dampak krisis global di berbagai bidang, bisa berjalan sesuai rencana tanpa terkendala peningkatan kasus covid-19.

BACA JUGA: Komoditas Pertanian Unggulan Brebes Alami Penurunan Produksi

Disiplin menerapkan protokol kesehatan, tambah Rerie, seperti memakai masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan, harus benar-benar menjadi norma baru dalam kehidupan keseharian.

”Upaya meningkatkan imunitas tubuh anak bangsa, harus terus ditingkatkan secara konsisten, agar bisa menekan potensi penularan covid-19 yang lebih luas lagi,” tukas dia.

Riyan