blank
Pejabat pusat mampir di stand Blora pada Apkasi Otonomi Expo 2022, Jakarta. Foto: Prokompim Blora

Menurut Ganjar, even ini luar luar biasa. Tadi yang hadir juga banyak sekali termasuk Wakil Menteri Dalam Negeri, sudah berbincang juga tadi. Ini menjadi stimulus untuk ekonomi tumbuh dan kreativitas bergerak. Fasilitas itu diberikan oleh Apkasi,” katanya.

UMKM Blora

Sejumlah produk UMKM Blora tampil di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, lokasi pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2022, yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Di momen pameran UMKM terbesar se-Indonesia itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, serta Dekranasda, tampil all out untuk ambil bagian.

Mulai produk kerajinan jati, kriya, batik, tekstil, aneka makanan kemasan, hingga yang paling khas adalah walang goreng ditampilkan Blora. Termasuk sejumlah video potensi wisata dan UMKM lainnya juga ditampilkan dalam layar televisi yang dipasang.

Sementara itu, Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., yang hadir di kegiatan itu mengaku senang dan bangga bisa melihat produk UMKM Blora tampil di ajang pameran nasional. Apalagi ajang itu merupakan pameran UMKM terbesar se -Indonesia yang diikuti seluruh Kabupaten anggota Apkasi Seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah, maturnuwun Apkasi yang telah memfasilitasi seluruh daerah untuk pameran produk UMKM. Sebenarnya ini menjadi momentum daerah untuk mempromosikan potensi daerahnya dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi. Tidak hanya pameran perdagangan produk UMKM saja, namun juga pariwisata dan investasi,” ungkap Bupati H.  Arief Rohman.

Menurutnya, saat ini sektor pertumbuhan ekonomi yang cenderung stabil dan perlu didorong adalah UMKM. Untuk itu, sesuai pesan Presiden dan Mendagri, setiap kepala daerah harus mempunyai spirit membangun UMKM.

“Pak Mendagri dalam sambutan pembukaan kemarin menyampaikan bahwa dalam kondisi ekonomi dunia yang sedang tidak baik – baik saja ini. Hanya UMKM yang bisa bertahan untuk menopang pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh sebab itu, kota harus bangga dan beli produk UMKM asli Blora. Untuk para Diaspora Blora monggo kita larisi produk lokal kita yang tidak kalah dengan daerah lain,” ungkap Bupati Blora.

Selama pameran di JCC Senayan ini, H.  Arief Rohman yang akrab disapa Mas Arief menyampaikan bahwa panitia pameran juga telah menyediakan e-katalog berisi produk-produk UMKM Kabupaten Blora.

Sehingga pengunjung tidak hanya melihat produk yang ada di stand pameran, namun bisa scan barcode untuk memilih produk UMKM lainnya dan terhubung langsung dengan para pengrajin.

Pada hari pertama, banyak yang melirik produk UMKM Blora. Dan bahkan beberapa diborong para pejabat pusat. Seperti Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH., yang membeli satu set kerajinan kursi gembol jati khas Blora.

Borong Produk Blora

Tidak hanya itu,  Wakil Mendagri, John Wempi Wetipo, Ketum Apkasi Sutan Rizka (Bupati Dharmasraya),  Sekjen Apkasi Adnan Purichta (Bupati Gowa),  Bendahara Umum Apkasi, Ratu Tatu Chasanah (Bupati Serang), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, juga berkunjung di stan pameran Kabupaten Blora.